Mohon tunggu...
Mardyaning Christ
Mardyaning Christ Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Have a good day!

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Apakah Soompi Termasuk Media Baru? Mari Kenali Karakteristiknya

7 September 2020   23:44 Diperbarui: 8 September 2020   00:04 210 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Portal berita online menjadi salah satu sumber informasi yang banyak diminati, hal ini dikarenakan kemudahan dalam mengakses tanpa adanya pembatasan ruang dan waktu. Kita dapat mengetahui informasi baru yang terjadi di berbagai belahan dunia hanya dengan bermodal akses internet dan smartphone kita dapat memenuhi informasi yang kita butuhkan.   

Portal berita  online inilah yang merupakan salahsatu contoh dari media baru atau new media.

New media atau media baru dapat dimaknai sebagai sebuah konten yang dibuat atau disediakan dalam bentuk komunikasi elektronik yang memanfaatkan teknologi komputer. Konsep yang diangkat dari media baru sesuai dengan mananya yaitu sesuatu yang lebih baru dari sebelumnya. (Widodo,2020).

Dalam Widodo (2020) menyatakan bahwa menurut Martin Lutter, dkk media baru tentunya memiliki karakteristik, yaitu :

  • Digital, konten yang disajikan oleh media baru disimpan dalam bentuk digital sehingga dapat diolah serta diakses oleh perangkat lain yang sama-sama memiliki teknologi dgital. 
  • Interactivity, dalam media baru pengguna dan konsumen dapat melakukan komunikasi, sehingga komunikasi terbentuk yaitu komunikasi dua arah.
  • Hypertextual, merupakan karakteristik yang membantu dalam menemukan referensi dengan menggunakan rujukan teks. Hypertextual merupakan fitur paling umum dalam media baru yang bermanfaat untuk memberi kebebasan memilih informasi yang diinginkan.
  • Jaringan (Network), membantu memfasilitasi adanya sebuah interaksi global melalui jaringan virtual.
  • Virtual, merupakan karakteristik dimana dalam media baru seakan-akan berbentuk seperti dunia nyata.
  • Simulated, merupakan tahap selanjutnya dari karakter visual, dimana stimulated merepresentasikan hal-hal yang nyata menjadi sebuah simulasi dalam dunia virtual. Dimana stimulated menggabungkan adanya teknologi dan jugs seni untuk memberikan kesan yang lebih menarik dan nyata didalam dunia virtual.

Untuk memahami lebih dalam mari kita angkat salah satu portal berita online yang cukup terkenal dikalangan dunia entertainment Korea Selatan yaitu Soompi. 

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Soompi
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Soompi
Soompi merupakan salah satu portal berita online dengan pemberitaan berbahasa Inggris yang menyediakan berbagai pemberitaan terbaru seputar dunia entertainment Korea Selatan yang mencakup berita selebriti Korea, music, TV, film, fashion dari Korea Selatan.

Jika dikaitkan dengan karakteristik media baru, portal berita Soompi termasuk salah satu bentuk dari media baru. Hal ini dapat dilihat bahwa Soompi memenuhi karakteristik dari media baru.

Apa saja bagian-bagian dari Soompi yang masuk dalam karakteristik media baru? mari simak lebih lanjut!

Pertama, Soompi berada dalam ruang virtual yang informasi serta data-datannya dikemas dalam bentuk digital. Sehingga dapat diakses melalui sebuah tautan link yaitu www.soompi.com melalui smartphone maupun komputer kita sudah dapat mengakses tanpa adanya batasan ruang dan waktu.

Kedua, interactivity yang ditunjukkan yaitu memalui adanya ruang komentar dibagian akhir artikel, berbagai plihan emoticon yang dapat digunakan untuk mengekspresikan perasaan kita setelah membaca dan "Share it on" yang menandakan sebuah feedback dari pembaca terhadap artikel Soompi yang mebuat para pembaca tidak hanya sebagai pembaca yang pasif namun menjadi pembaca yang aktif. 

Sumber: Tangkapan layar dari web Soompi.com
Sumber: Tangkapan layar dari web Soompi.com
Ketiga, Hypertext diperlihatkan pada adanya tanda kaca pembesar dan kolom "search" yang dapat kita gunakan untuk memasukkan kata kunci sehingga kita bisa langsung mendapatkan referensi artikel yang kita inginkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan