Mohon tunggu...
Christopher
Christopher Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pecinta Otomotif dan Penulis Publikasi Populer

Saya suka menulis beberapa publikasi populer dan artikel untuk membagi pengalaman dan ilmu yang pernah saya dapatkan ke masyarakat. Saya suka membaca publikasi populer dan artikel oleh karena itu saya tertarik untuk membuat tulisan saya sendiri. Saya juga sangat menyukai dunia otomotif terutama mobil-mobil mewah, klasik, sport, supercar, jeep , hatchback, dan kategori jenis mobil lainnya. Saya juga ingin membagikan informasi mengenai mobil-mobil supaya pembaca saya bisa lebih mengerti mengenai dunia otomotif dan mendapat wawasan lebih Jangan lupa follow instagram @jjmobilsby @jjmobilsby2 Jangan lupa cek, tonton, dan subscribe channel YouTube JJ Mobil Mohon dukungannya dan doanya agar tulisan saya bisa sukses hehe.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Ban Mobil Kadaluarsa Jadi Karya Kursi Bernilai

8 April 2021   16:43 Diperbarui: 15 April 2021   22:27 771
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Umumnya setiap jenis dan merk ban mobil ada batas kadarluarsanya. Ban adalah bagian penting dari kendaraan darat seperti mobil, motor, truk, dan bis. 

Ban digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan. 

Setiap ban tentu ada batas waktu kadaluarsa supaya pengendara dapat mengendarai kendaraan tersebut dengan aman. Banyak sekali kasus seperti ban mobil yang kadaluarsa yang dipakai di jalan tol kemudian bannya pecah atau meledak yang dapat membahayakan pengendara mobil tersebut dan pengendara lain. Batas kadaluarsa ban mobil secara teori yaitu 5 tahun dari awal ban mobil dipakai.

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Oleh karena itu banyak sekali ban-ban yang kadaluarsa tergeletak jadi rongsokan di gudang, showroom mobil, dan bengkel-bengkel. Bahkan banyak orang yang melakukan pembuangan dan pembakaran ban bekas. 

Pembuangan ban bekas di tempat pembuangan akan menjadikan masalah besar karena ban bekas yang dibuang akan memenuhi ruangan pembuangan tersebut. 

Tumpukan limbah ban bekas di tempat pembuangan dapat menjadi wabah penyakit dan sarang nyamuk. Limbah ban bekas harus di tangani dengan serius agar tidak menjadi masalah besar bagi lingkungan. 

Upaya pemusnahan dengan cara pembakaran yang biasa dilakukan ternyata menghasilkan dampak polusi yang berbahaya karena berpengaruh buruk pada kesehatan manusia.

Sumber: https://surabaya.tribunnews.com/
Sumber: https://surabaya.tribunnews.com/

Di masa pandemi ini, daripada ban dibiarkan/dibuang sia-sia lebih baik di manfaatkan menjadi sebuah produk yang ada nilai jual dan bermanfaat. Saya dan kelompok saya berencana untuk merealisasikan barang sebelumnya tidak hargai atau barang rongsokan menjadi berlian atau emas yang dihargai dan membawa manfaat untuk masyarakat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun