Mohon tunggu...
Christoper Rusli
Christoper Rusli Mohon Tunggu... Wiraswasta - Hello

Mohon bantuannya dalam like dan share artikel saya :) (Pelajar/Mahasiswa)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Tantangan Hidup

4 November 2022   08:42 Diperbarui: 4 November 2022   09:00 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

"In this world winning is everything" -- Seijuro Akashi

Pastinya semua orang yang hidup pasti ada tantangan atau sesuatu yang harus dilawan agar dapat meraih kemenangan. Maupun itu setiap orang, jenis hewan, juga jenis tumbuhan, mereka pun harus melawan kelemahannya demi bertahan hidup. Seperti hewan karnivora harus berjuang memburu mangsanya, hewan herbivora ataupun omnivora pun juga harus dapat melindungi dirinya demi bertahan hidup. Ataupun tumbuhan karena mereka harus berjuang bertahan hidup di bawah terik matahari yang panas serta dari gangguan hewan.

Manusia pun juga sama, mereka harus melawan dirinya sendiri seperti kemalasannya, kecerobohannya, ketidakpintarannya, kelalaiannya, dan lain-lain. Agar mereka dapat saling berkompetisi dan meraih kedudukan di atas. Seperti misalnya atlet badminton / basket / cabang olaharaga lainnya selalu berkompetisi dengan orang lain demi meraih juara. Memang semua orang yang haus akan kemenangan pasti ingin selalu di atas, tidak mau selalu di bawah.

Itupun juga dalam bisnis, pengusaha disemua kalangan pasti ingin perusahaan nya selalu di atas saingannya, atau selalu mengorbankan apapun demi kemenangan. Mereka mempunyai impiannya masing-masing maupun itu uang, kedudukan, dan lain-lain. Tetapi mereka harus bersaing dulu dengan pengusaha lainnya agar dapat meraih impiannya dan menduduki yang di atas.

Kami siswa-siswi pun juga harus belajar dengan giat, mengerjakan tugas, ikut les atau kursus tambahan agar dapat saling berkompetisi dalam ujian atau tes. Saat dibagikan hasil kami pasti ingin yang terbaik meski ada orang yang kecewa dengan hasilnya, ada juga yang senang karena hasilnya berhasil di atas teman-temannya. Kami pun juga ingin menjadi ranking 1, bukan ke-2, bukan ke-3.

Semua orang pasti tidak ingin menatap punggung orang lain ditinggalkan dalam segi keahlian, kepintaran, juga bakat. Karena itu, bagi orang yang merasa dirinya tertinggal atau sudah menyerah, janganlah menyerah selama anda masih dapat bernafas, itu tanda bahwa anda masih dapat bersaing, melawan, mengejar seseorang. Memang hidup itu adalah penuh ujian bagi kita semua, tetapi bukan karena itu dijadikan alasan untuk menyerah, sebaliknya itu harusnya menjadi alasan bahwa kita dapat saling bersaing, berkompetisi dengan yang lainnya. Juga saingan kita sangatlah banyak bukan hanya satu atau dua, seperti pepatah mengatakan "Diatas langit, masih ada langit"

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun