Mohon tunggu...
Christina Wiwit
Christina Wiwit Mohon Tunggu... Guru - Seorang wanita biasa yang mencoba menjadi kuat

Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Gasem Baru

12 Maret 2020   13:27 Diperbarui: 12 Maret 2020   13:29 192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

"Selamat siang Mbak," sapaku.

"Selamat siang Ibu, ada yang bisa kami bantu?" jawab suara di seberang.

"Mbak saya mau pasang listrik baru, alamatnya di Gasem Baru," jawabku lagi dengan menyebut alamat lengkapku.

"Baik Ibu, saya cek dulu alamat yang ibu sebutkan." 

Aku menunggu beberapa menit kemudian terdengar suara di seberang. "Ibu mohon maaf bisa dipastikan lagi alamatnya". Kemudian aku sebutkan sekali lagi alamat rumahku dengan intonasi yang lebih jelas. Beberapa menit kemudian suara Mbaknya terdengar lagi.

"Ibu mohon maaf apakah Ibu yakin alamat tersebut ada di Semarang?". Aku mulai bingung dan kujawab "Yakin donk Mbak, itu kan rumahku, sekarang lagi tak bangun. Kemarin sore saya juga dari sana."

Jawab Mbaknya, "Baik Bu, nanti kami cek lagi, soalnya didata kami kok tidak ada." Kemudian dia menyebutkan syarat-syaratnya. 

Dengan kejadian itu aku penasaran lalu kucoba buka google map. Yang kudapati sesuatu yang mengejutkan. Ternyata di google map pun tak ada Gasem Baru itu. Gasem Raya, Gasem Sari, Gasem Wulung ada tetapi Gasem Baru..? Ironisnya setiap teman, saudara yang tanya sekarang aku tinggal di mana dan aku jawab Gasem Baru selalu reaksi mereka sama "mana itu". Lalu aku menjelaskan dan harus detail, aku menjelaskan di mana alamat itu supaya orang paham daerah yang kumaksud. 

Gasem Baru adalah nama sebuah daerah di Tlogosari Wetan, masih masuk Semarang sebenarnya. Entah mengapa banyak orang yang belum kenal. Mungkin namanya "Gasem" terkesan sebuah pelosok yang jauh dari kata kota. Bahkan ada teman yang bilang itu di Jawa Tengah ya? Terkadang karena kesal aku jawab  Gasem itu di planet lain kok, bukan di bumi.

Seiring berjalannya waktu Gasem Baru mulai dikenal orang, setidaknya teman-teman dan saudara-saudaraku. Aku undang mereka ke rumahku, Akutunjukkan kepada mereka betapa dekatnya Gasem Baru dengan jalan raya. Mereka menyatakan sendiri Gasem Baru bukanlah daerah yang pelosok dan terpencil. Gasem adalah sebuah kota kecil memang tapi sudah padat penduduk dan hampir semua barang kebutuhan ada disana. Udaranya masih sejuk, pemandangan juga masih banyak yang hijau.

Kini Gasem Baru bukan lagi sebuah daerah yang asing dimata mereka. Kabar gembiranya Gasem kini sudah bisa diakses di google map.  Kata salah satu teman "Wah sekarang Gasem Baru diakui di bumi ya.." Luar biasa bukan?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun