Mohon tunggu...
Christina ErmaYunita
Christina ErmaYunita Mohon Tunggu... Guru - Guru TK AISYIYAH I Pracimantoro

saya menyukai anak anak karena dunia anak anak tidak akan bisa terulang kembali, dengan berbagai macam karakter anak seta keunikan masing masing di taman kanak kanak membuat saya merasa termotivasi atau terpanggil untuk membimbing dan mendidik mereka, dunia anak anak sangat menyenangkan seolah mereka tidak punya beban dalam menjalani hidup yang ada hanya keceriaan, senyum mereka adalah suatu kebahagiaan untuk saya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pengenalan Konsep Tenggelam Terapung bagi Anak Usia Dini dengan Eksperimen

14 November 2022   14:26 Diperbarui: 14 November 2022   14:28 577
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ayah bunda pada dasarnya anak anak kita sudah dapat melihat, memilih, mengamati serta membedakan apa yang ia liat dan ia dengar, untuk meningkatkan kemampuan sains anak dapat dilakukan dengan berbagai macam, salah satu diantaranya adalah eksperimen tenggelam terapung.

pengenalan konsep tenggelam terapung bagi anak usia dini harus dipahami secara sederhana agar anak anak mampu mengetahui secara langsung apa yang dilihatnya/ apa yang terjadi ketika suatu benda di masukkan dalam air jadi secara langsung anak itu melihat mengamati proses kejadian tersebut sehingga dapat menyimpulkan hasil dari apa yang dilihat atau yang diamati.

konsep tenggelam terapung untuk anak usia dini dapat diartikan dengan

1. Tenggelam yaitu apabila suatu benda tercelup kedalam air dan menyentuh kedasar air  berdasarkan konsep archimedes benda akan tenggelam jika massa jeniss benda lebih besar dari massa jenis cairan. contoh benda benda yang tenggelam batu, klereng, penjepit kertas, paku, penghapus pensil,kawat,dll.

2. Terapung yaitu apabila suatu benda tercelup kedalam air benda tersebut akan berada diatas permukaan air (melayang/mengapung) benda tersebut tidak berada didasar air. berdasarkan konsep archimedes benda akan terapung jika massa jenis benda itu lebih kecil dari massa jenis cairan. contoh benda benda yang terapung : plastik permen, tutup botol aqua, pensil, daun kering, ranting pohon kering, lego, stik es krim dll.

Cara bereksperimen Tenggelam Terapung

1. siapkan alat dan bahan 

- toples / baskom transparan

- air

- benda benda disekeliling rumah misal batu, daun kering, klereng, ranting kering pohon, pensil, penghapus, penjepit kertas, tutup botol plastik , stik eskrim, dlln.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun