Mohon tunggu...
Christin Susanti
Christin Susanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - MABA 2021 UKRIDA

MABA 2021 UKRIDA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Moral Lingkungan Hidup

27 Oktober 2021   22:16 Diperbarui: 27 Oktober 2021   22:29 90 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

MORAL LINGKUNGAN HIDUP

Apa itu moral lingkungan hidup? Sebelum kita mencari tau apa itu moral lingkungan hidup, yu kita pelajari dulu dari mana atau lahirnya moral lingkungan hidup. Moral lingkungan hidup terlahir dari adanya krisis lingkungan hidup dan kesadaran manusia.

Krisis lingkungan hidup 

Krisis lingkungan hidup telah mengancam kenyamanan tempat tinggal manusia hal ini termasuk salah satu dampak dari ulah manusia. Pengolahan lingkungan hidup secara bertanggung jawab masih belum membudaya pada manusia. Tanpa adanya penghargaan dan penghormatan terhadap hak hidup mahluk ciptaan lain, manusia seakan terus berlomba menguras isi perut bumi secara terus menerus

Kesadaran manusia

Moral  lingkungan hidup pada dasarnya bermula dari kesadaran hakiki manusia dalam menghadapi keadaan hidup dan lingkunganya. Kesadaran ini muncul sejak dekade lalu. Manusia menyadari dampak dan bahaya penggarapan alam semesta.

Apa itu moral lingkungan hidup? Moral lingkungan hidup acapkali dilukiskan sebagai 'evolusi alamiah dunia moral'. Maksudnya, dunia  moral lambat laun semakin memperhatikan jagat raya dan masalah ekologis. 

Semula dunia moral lebih memperhatikan hubungan sosisal antarpribadi dan kemudian hubungan social antara perseorangan dengan seluruh masyarakat. 

Mengikuti jejak Aldo Leopold, seorang pencinta lingkungan hidup, penulis termasyuhur A Sand Country Almanac and Sketches Here and There (New York: Oxford University Press, 1949), Eugene P. Odum dari Universitas Georgia, Athens (Amerika Serikat) merumuskan moral lingkungan hidup sebagai pertimbangan filosofis dan biologis mengenai hubungan manusia  dengan tempat tinggalnya dan semua makhluk nonmanusia. 

Dalam masyarakat beradab, moral ini menuntun manusia untuk meninjau kembali sejumlah gagasan yang benar dan yang salah mengenai tingkah laku manusia terhadap alam sekitaranya.

Moral lingkungan hidup sebagai moral belas kasih, dalam dunia purbakala, moral ini hidup dan berkembang dalam dunia religi. Sedangkan dalam zaman modern ini, moral ini dituangkan dalam bentuk 'sentimen' dan ;simpati'.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan