Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

9 Buah Lukisan Maestro Raden Saleh yang Disimpan di "Gallery of Singapore"

12 Oktober 2022   10:32 Diperbarui: 12 Oktober 2022   10:37 832
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

By Christie Damayanti

Aku bangga dengan lukisan ini. Lukisan Raden Saleh! Dipajang dalam 1 dinding khusus, memang besar sekali! Terawat dengan salat baik, sama sekali tidak ada debu, dan di depannya ada tempat duduk khusus, untuk pengunjung bisa menikmati lukisan luar biasa ini berlama2.

***

Antara National Museum of Singapore dengan Gallery of Singapore itu, tidaj berbeda jauh. Mulai dari memang jaraknya cuma 1 blok saja, juga tentang konsep2nya dari bangunan serta fasilitas2 nya. Ada juga beberapa koleksinya tentang "harta karun" Singapore pun, aku sering agak rancu. Tetapi yang jelas, kata2 "gallery" pasti lebih mengkoleksi tentang barang2 seni, ketimbang kata "museum" yang mengkoleksi sebuah kehidupan bernegara .....

Mengapa aku ke Gallery of Singapore?

Karena, aku ingat tentang "harta karun" Indonesia yang ada di Singapore yaitu Lukisan Raden Saleh. Katanya (masih "katanya", makanya aku ingin melihat sendiri) ada banyak. Jadi, mumoung di Singapore seteah dari museum aku mknta diantar ke Gallery of Singapore kepada mas Kardy Chiu yang menemaniku seharian, hari itu .....

Aku sendiri, tidak begitu menerti tentang seni, kecuali seni yang terpampang beraliran realis atau naturalis yang benar2 ada di depan mata. Tidak seperti aliran2 yang memang tidak gampang dimengerti. Sehingga, aku hanya mencari langsung lukisan2 Raden Saleh nya dahulu, dan setelah banyak foto2, aku berkeliling.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Berkeliling di Gallery of Singapore, mencari ruang yang menyimpan lukisan Raden Saleh

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun