Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Ketika Memakai "Hanbok", Baju Tradisional Korea dalam Istana Gyeongbokgung

21 September 2021   20:15 Diperbarui: 25 September 2021   15:38 86 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ketika Memakai "Hanbok", Baju Tradisional Korea dalam Istana Gyeongbokgung
Aku dan Xavier dengan Hanbok di Istana Gyeongbokgung/dokumen pribadi

By Christie Damayanti

Aku adalah seseorang yang suka sekali dengan yang berhubungan dengan seni dan budaya. Jika aku travelling kemanapun, dalam negeri atau luar negeri, aku pasti berburu barang2 seni mungil, yang bisa dibaa pulang, untuk kenangan.

Biasanya, buka barang seni yang besar dan mahal, tetapi barang2 keil, mungil dan unik, dari seni budaya mereka. Salah satunya adalah kain2 tradisional.

Mungkin, bukan dibawa pulang, jika terlalu mahal. Tetapi, minimal aku selalu berusaha untuk mencoba memakai baju2 itu dan berfoto.

Ketika aku ada di Istana Gyeongbokgung, Pong menawarkan aku untuk mencoba memakai Hanbok, baju tradisional Korea. Wenah dan Xixa tidak mau mencoba, karena mereka lebih memilih barang2 modern, sudahlah.

Akhitnya, Pong menemniku untuk berpakaian trdisional Korea, yang sayangnya hanya ada yang sederhana saja, karena yang lainnya sudah dipinjam / disewa oleh wisatawan lainnya. Ya sudah, lumayan untuk sekesar merasakan memakai Hanbok di iIstana Gyeongbokgung ......

***

Hanbok (di Korea Selatan) atau Chosn-ot (di Korea Utara) adalah pakaian tradisional Korea. Istilah "hanbok" secara harfiah berarti "pakaian Korea".

Hanbok dapat ditelusuri kembali ke periode Tiga Kerajaan Korea (abad ke-1 SM--abad ke-7 M), dengan akar dari masyarakat yang sekarang disebut Korea utara dan Manchuria.

Baju tradisional Korea, Hanbok dengan detail2 khusus dan nama2 khusus/Sumber: wikipedia
Baju tradisional Korea, Hanbok dengan detail2 khusus dan nama2 khusus/Sumber: wikipedia
Struktur dasar hanbok dirancang untuk memudahkan pergerakan dan mengintegrasikan banyak motif yang bersifat perdukunan. Fitur struktural dasar hanbok ini relatif tidak berubah hingga hari ini, sejak dinasti Joseon.

Orang Korea memakai hanbok untuk acara dan acara formal atau semi formal seperti festival, perayaan, dan upacara. Pada tahun 1996, Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan menetapkan "Hari Hanbok" untuk mendorong warga Korea Selatan mengenakan Hanbok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan