Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Seberapa Besar Kontribusi Paralimpiade terhadap Kehidupan Sosial Atlet Disabilitas?

30 Agustus 2021   20:47 Diperbarui: 31 Agustus 2021   16:52 228 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Atlet para atletik Indonesia Jaenal Aripin (belakang) saat berlomba di nomor 400 meter putra Paralimpiade Tokyo 2020, Minggu (29/8/2021). (DOK. NPC INDONESIA)

By Christie Damayanti

Apakah yakin, ketika atlet ini diluar Paralimpiade, mempunyai kehidupan sosial di lingkungannya, lebih baik, tanpa diskriminasi? Padahal di lapangan pertandingan, dia dielu-elukan sebagai sebuah inspirasi.....

Sebenarnya, apa yang kita pikirkan ketika kita membaca kata "Paralimpiade?"

Mungkin, yang paling banyak orang berpkir tentang atlet disabilitas dan inspirasi.

Yang semula kata "disabilitas" yang sering direpresentasikan sebagai tragedi dan sebagai sosok pasif yang membutuhkan amal dan belas kasihan, di sini mereka menampilkan prestasi ketahanan fisik yang mengejutkan dan kemampuan atletik yang luar biasa.

Atlet-atlet Paralimpiade disabilitas dunia, diangkat sebagai panutan untuk dikagumi semua orang dan menjadi inspirasi dunia. Bahwa, dengan keadaan fisiknya yang cacat, tetapi mereka mendapatkan prestasi tertinggi dalam bidang olahraga.

Lalu, apa yang salah dengan ini semua?

Paralimpiade berjuang untuk mempertahankan nilai-nilai "tekad, kesetaraan, inspirasi, dan keberanian". 

www.theguardian.com
www.theguardian.com
Penekanan yang sangat besar pada profesionalitas juga mengarah pada peningkatan ketidaksetaraan antara berbagai negara. Yang aku baca di banyak referensi tentang ini, bahwa alat-alat bantu atlet disabilitas untuk masuk ke Paralimpiade ini, harus khusus untuk bisa bersaing dan bertanding.

Kursi roda yang dipesan khusus dengan harga mahal, kaki palsu yang juga dipesan khusus untuk pertandingan lari, dan sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan