Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

[Desain] Disabilitas Memang Berbeda, tetapi Bukan Menjadi Tidak Berharga

12 Agustus 2021   15:21 Diperbarui: 12 Agustus 2021   15:34 109 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
[Desain] Disabilitas Memang Berbeda, tetapi Bukan Menjadi Tidak Berharga
martinscuberth1-6114d7766e7f0126f4254712.jpg

By Christie Damayanti

www.martinscutberth.com 

Desain2 khusus untuk disabilitas, justru bisa menjadi desain dekoratif secara global .....

Dari beberapa referensi yang aku baca, saat ini disabilitas semakin bertambah lewat banyak kecelakaan dan penyakit2 yang akhirnya membuat yang sakit menjadi cacat, seperti aku sebagai pasca-stroke.

Di beberapa Negara sudah mengerti dan sangat menyadari bahwa penambahan disabilitas itu menjadi mereka harus menambah2kan fasilitas2 untuk mereka, ketimbang memberikan banyak desain baru tetapi hanya untuk mereka2 yang normal.

Desain2 baru dengan "ramah disabilias", memberikan dampak yang baik agi disabilitas itu sendiri. Bahkan, untuk urusan paralimpiade pun, ada team khusus untuk itu! Dengan berbagai undang2 yang ada, ditambah2 lebih detail.

Dunia sudah sadar untuk ini, untuk membangun desain universal khusus untuk disabilitas, menuntut agas segala sesuatu (produk, barang2, desain, binaan, dll), dapat digunakan semaksimal mungkin bagi semua orang, termasuk disabilitas.

Mereka mem-variasikan dimensi2 atau bentuk2 serta fitur2 yang bisa diakses, memungkinkan setiap orang bisa menggunakannya.

Contoh,

Ada tangga adan ramp ada lift, dalam lokasi yang sama atau berdekatan, sehingga siapapun bisa memilih, mau naik tangga, atau pakai ramp atau dengan lift.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan