Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Adakah Kita Melihat Identitas Indonesia dalam "Skyline" Ibukota Jakarta? Tidak!

15 Juni 2021   09:20 Diperbarui: 15 Juni 2021   09:45 702
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi / Adakah melihat identitas bangsa disini? Adakah melihat identitas negeri tropis disini? Aku, TIDAK! Malah aku merasa "tersesat" di sana ......

By Christie Damayanti

Ketika kita menyebutnya "skyline", yang terbayang adalah seperti frame antara bumi dan langit. Skyline Jakarta, sudah aku jelaskan pada tulisanku ini,

Identitas Jakarta lewat Sebuah "Skyline"

Artikel ini sudah aku buat di tahun 2016, pastinya tahun 2021 ini, skyline Jakarta bertambah padat, dan membentuk skyline yang baru.

Dan, ketika aku berkesempatan berkeliling di jalur protocol Sudirman -- Thamrin, tentu aku sudah mempersiapkan sebuah catatan kecil tentang Skyline Jakarta, khususnya di jalur protocol tersebut.

5 tahun setelah tahun 2016 lalu, tentu saja banyak perkembangan2 yang terjadi. Apalagi tentang ibukora metropolitan Jakarta. Karena, Jakarta adalah sebuah ibukota Indonesia yang sedang berkembang, tidk mungkin tidak membangun.

Dengan kemodernannya, Jakarta siap menyongsong metropolitan dunia .....

Tetapi, bagaimana kenyataannya?

Sebagai seorang arsitek dan urban planner, aku tahu, sadar dan mengerti bahwa Jakarta benar2 melesat bagai anak panah. Cepat sekali! Bahkan, kadang2 aku melintasi sebuah jalan besar, dan tiba2 sebuah bangunan tinggi terpampang di depanku!

Aku merasa "amazed" ketika tiba2 saja aku todak melihat membangunnya tetapi sudah jadi. Betapa Jakarta benar2 melesat untuk antri sebagai ibukota metropolitan dunia.

Tetapi sayangnya, Jakarta terlalu memanjakan desain perkotaannya dengan deain2 modern yang "kebablasan" ......

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun