Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Ketika Monorail Darling Harbour Berfungsi sebagai Transportasi Wisata

6 Maret 2021   20:27 Diperbarui: 6 Maret 2021   20:38 92 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Monorail Darling Harbour Berfungsi sebagai Transportasi Wisata
Dokumentasi pribadi | Aku dan adikku, dibawah rel monorail, Darling Harbour Sydney

By Christie Damayanti

Darling Harbour Sydney itu, merupakan awal aku semakin berpikir tentang desain2 perkotaan. Tempat ini menjadi ajang membangun insprasi untuk perkotaan lebih baik. Salah satunya adalah, Darling Harbour adalah tempat pertama aku mencoba monorail, yang di Jakarta sedang gencar bicara tentang ini.

Berkeliling Darling Habour, aku bisa menemukan stasiun monorail, yang ternyata hanya berkeliling di 1 area saja di Sydney. Tetapi, entah sekarang ya .....

Sydney Monorail (awalnya TNT Harbourlink dan kemudian Metro Monorail) adalah monorel satu putaran di Sydney, Australia, yang menghubungkan Darling Harbour, Chinatown, dan kawasan pusat bisnis dan perbelanjaan Sydney.

Ada delapan stasiun di lingkaran 3,6 km, dengan enam kereta beroperasi secara bersamaan. Melayani atraksi dan fasilitas utama seperti Museum Powerhouse, Akuarium Sydney dan Convention Hall Sydney.

Sebagai bagian dari pembangunan kembali lahan seluas 50 hektar  di Darling Harbour, telah diusulkan untuk membangun jaringan transportasi ke kawasan pusat bisnis Sydney. Seingga, pemerintah kota Sydney membangun monorail di atas jalan2 raya area Darling Harbour.

Tetapi, ternyata baru dibuka tahun 1988, tetapi tahun 2013, monorail ini ditutp, juga oleh pemerntah kota Sydney.

Dari beberapa referensi yang aku baca tentang penutupan monorail ini, ternyata menurut mereka monorail ini tidak terintegraasi dengan konsep transportasi umum kota Sydney, yang lebih besar. Entah mengapa, mereka akhirnya menutup monorail ini, padahal consensus kontrak transportasi ini, sampai tahun 2038.

Ada juga yang mengatakan bahwa, monorail ini tidak mendapat rangkulan dari masyarakat umum kota Sydney, dan dianggap "tiadk laku'.

Tetapi untukku sendiri, waktu itu aku pertama kali ke Darling Harbour dan naik monorail ini, adalah mengasyikkan, terutama bagi wisatawan. Baik yang dinegaranya belum punya monorail, seperti Indonesia tahun 1990, juga bagi wisatawan monorail ini mampu memperpendek jarak area Darling Harbour,untuk berwisata.

Daling Harbour cukup luas, sehingga wisatawan yang ingin menyaksikan atraks2 disana, tidak cukup hanya 1 hari saja, karena luas area nya yang 50 hektar! Untuk ke 1 atraksi ke 1 atraksi lainnya, pun jarak tempuhnya cukup jauh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN