Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Ada yang Mengenal Seekor Hewan Bernama "Wombat"?

14 Februari 2021   15:31 Diperbarui: 14 Februari 2021   15:42 203 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada yang Mengenal Seekor Hewan Bernama "Wombat"?
Dokumentasi pribadi | Ada yang mengenal seekor hewan bernama "wombat?"

By Christie Damayanti

Ada hewan juga khas Australia, mungkin tidak banyak yang tahu, karena hewan ini jarang diceritakan. Hewan ini, sekilas seperti beruang kecil, tetapi bukan beruang.

Tubuhnya gemuk, jalannya cukup lambat karena tubuh gemuknya. Tetapi, jika berlari dia berlari cukup cepat, memburu makanannya.

Pertama kali aku melihatnya, justru dia sedang memakan roti tawar, yang diberikan petugasnya!

Hahahaha .....

Pantesan saja, tubuhnya tambun, karena dia makan roti tawar berlembar lembar sekali makan .....

Wombat adalah marsupial berkaki pendek dan berotot berkaki empat yang berasal dari Australia. Panjangnya sekitar 1 meter dengan ekor kecil dan gemuk dan beratnya antara 20 dan 35 kg.

Ada tiga spesies yang masih ada dan semuanya adalah anggota keluarga Vombatidae. Mereka dapat beradaptasi dan toleran terhadap habitat, dan ditemukan di hutan, pegunungan, dan daerah dataran tinggi di Australia selatan dan timur, termasuk Tasmania, dan Queensland tengah.

Wombat memiliki metabolisme yang sangat lambat, membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 14 hari untuk menyelesaikan pencernaan, yang membantu kelangsungan hidupnya dalam kondisi gersang.

Mereka umumnya bergerak lambat. Namun, ketika terancam, mereka dapat mencapai hingga 40 km/jam dan mempertahankan kecepatan itu hingga 150 meter. Wombat mempertahankan wilayah rumah yang berpusat pada liang mereka, dan mereka bereaksi agresif terhadap penyusup.

Dingo dan Tasmanian devil memangsa wombat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN