Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Just a survivor

Just a stroke survivor & cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Soba Panas dengan Irisan Daging dan Telur Mentah, Soba Dingin dengan Irisan Kulit Tahu dan Lobak

29 Mei 2019   21:20 Diperbarui: 29 Mei 2019   21:47 69 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Soba Panas dengan Irisan Daging dan Telur Mentah, Soba Dingin dengan Irisan Kulit Tahu dan Lobak
Dokumentasi pribadi | Mie soba yang dihidangkan panas dan mie soba yang dihidangkan dingin, yang mulai ada di periode Edo

By Christie Damayanti

Awalnya, untukku semua mie Jepang sama saja, tetapi yang membedakan adalah ukurannya. Ramen, itu mie kecil, udon itu mie besar dan tebal. Lalu, Soba itu apa?

Awalnya juga, aku membedakan antara Ramen dan Soba adalah rasanya. Ya, rasanya benar2 berbeda. Dan yang jelas, Soba itu bisa dihidangkan panas2 atau dingin. Sedangkan, Ramen hanya dihidangkan panas2. Itu yang aku tahu tentang Soba, Ramen atau Udon .....

Tetapi ternyata, kenyataannya jauh berbeda ......

Soba adalah nama Jepang untuk gandum. Biasanya mengacu pada mie tipis yang terbuat dari tepung soba, atau kombinasi tepung soba dan gandum (Nagano soba). Mereka berbeda dengan mie gandum tebal, yang disebut udon. Mie soba disajikan baik dengan saus, atau dalam kaldu panas sebagai sup mie.Wikipedia.

Di Jepang, mie soba disajikan dalam berbagai pengaturan dan banyak dilayani di restoran2 mahal. Soba sendiri, mengandung 8 asam amino esensial. Dan tradisi makan Soba, ada sejak periode Edo.

Seperti kebanyakan mie Jepang, mie soba sering disajikan dengan dikeringkan dan didinginkan di musim panas, dan panas di musim dingin dengan kaldu dashi berbasis kedelai. Topping ekstra dapat ditambahkan ke soba panas dan soba dingin.

Topping dipilih untuk mencerminkan musim dan menyeimbangkan dengan bahan lainnya. Kebanyakan topping ditambahkan tanpa banyak memasak, meskipun ada juga yang digoreng. Sebagian besar hidangan ini juga dapat disiapkan dengan udon.

Nah .....

Seperti yang aku tuliskan diatas, soba memang ada disajikan panas dan dingin. Basanya sangat khas, walaupun penampilannya hampir sama dengan ramen. Variasinya pun beraneka ragam. Aku belum bisa membedakan, mana yang soba atau mana yang ramen, keculi aku bisa mencicipinya.

Ramen lebih 'sumringah' atau membuat semangat, sedangkan soba lebih adem, dan berasa sedikit 'aneh', sehingga bagi wisatawan akan lebih memilih ramen daripada soba.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN