Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Kata "Jakarta yang Bernanah, Pengebirian Fasilitas Perkotaan atau Cemetary View", Membuat Mereka Terpengarah!

13 November 2017   09:36 Diperbarui: 13 November 2017   09:40 1055
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi FT Arsitektur Untar

By Christie Damayanti

Mereka yang terpengarah (aku melihat langsug dari panggung ......)

Menjadi dosen untukku adalah impian papaku almarhum. Beliau sangat menginkan aku menjadi dosen dan berkarier di dunia akademik. Bahkan impian beliau yang belum aku turuti adalah aku melanjutkan S3, sesuai dengan jalur jurusan keinginanku.

Aku sebagai dosen sejak tahun 2000, mengajar di S2 manajemen Untar, dengan 1 mata kuliah. Dan juga mengajar S1 fakultas teknik sipil di Ukrida, dengan 8 mata kuliah. Dan setelah aku terserang stroke, aku pun mengundirkan diri karena aku sering error, dengan bicaraku.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Tetapi kemarin, aku Launching Buku "The Series : Jakarta Puzzle",bentuknya adalah ngobrol2 santai, serta kuliah umum dan diskusi. Apa yang ada dipikiranku tetang Jakarta, aku ingin mentransfernya kepada mahasiswa2 arsitektur, supaya mereka yang peduli dengan kotanya, mulai berbenah diri untuk ikut serta berkarya bagi Jakarta dan Indonesia.

Karena, tidak banyak orang tahu tentang perpamasalahan kota Jakarta secara detail. Yang masyarakat tahu, bahwa Jakarta adalah ibukota yang terkenal karena macetnya, banjirnya, PKL nya atau hanyak sekedaar kota yang semrawut. Tetapi MUNGKIN belum banyak orang tahu tentang masalah2 detail penghijauan, pedestrian, bakan sekedar membuang sampah!

Tidak juga banyak yang tahu, bahwa bangunan2 berkaca yang selalu memantulkan sinar matahari, yang menyilaukan. Atatu tentang kebutuhan warga Jakarta tentang perumahan, tetapi salah sasaran. Begitu juga tentang adanya pabrik beton yang seenaknya saja melanggar peraturan, bahkan tentang TPU yang diambil alih untuk apartemen mewah, yang pemandangannya adalah kuburan!

Ini semua adalah pengamatanku ditambah hasil sedikit risetku sendiri, tentang hal2 yang aku tuliskan. Tujuannya, bukan hanya untuk mengkritik pemerintah saja, bukan juga untuk menjelek2an, tetapi ada yang aku mau sampaikan dengan sedikit solusi, yang mungkin bisa membantu pemerintah. Tentu adalah solusiku sebagai wrga negara yang mungkin tidak bisa dibandingan dengan solusi pemerintah yang bisa berkolaborasi dengan instansi2 yang lain, yang astinya tidak akan bis aku lakukan sendirian .....

Hampir 1,2 jam aku memaparkan apa yang aku tuliskan di buku ini, sebelum moderator memulai Tanya jawab ......

***

Aku menuliskan, minimal ada sekitar 30 titik reformasi Jakarta, setidaknya dalam buku2kuini, untuk mengelengkapi puzzle2 (masalah2) Jakarta, sehingga Jakarta akan tergenapi dalam solusi permasalahnnya. Kata2ku dalam 30 titik reformasi ini, memang cukup "keras" menampar semua orang, terutama orang2 yang berkecimpung tentang Jakarta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun