Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Just a survivor

Just a stroke survivor & cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Filosofi Rajawali: Ketajaman Visual dan Kepekaan Hati untuk Kehidupan Kita

14 Juli 2011   06:16 Diperbarui: 26 Juni 2015   03:41 0 4 20 Mohon Tunggu...
Filosofi Rajawali: Ketajaman Visual dan Kepekaan Hati untuk Kehidupan Kita
13106449501694202934

By Christie Damayanti


[caption id="attachment_122683" align="aligncenter" width="640" caption="megonosangit.blogspot"][/caption]

Aku memang suka sekali hewan, sejak dulu, tidak tahu mengapa. Mungkin karena itulah, banyak hewan tidak takut kepadaku. Jika ada anjing walau galak dan belum pernah bertemu denganku, mereka biasanya hanya melihat aku dan langsung mengibas-ibaskan ekornya dan aku bisa mengelusnya, walau jika orang lain tetap saja menggonggong. Begitu juga kucing. Tetapi jika hewan2 liar memang lain, walaupun aku tetap menyenanginya.

Banyak kehidupan hewan yang bisa dijadikan filosofi untuk kita. Banyak sekali. Dengan sedikit riset kehidupan hewan sejak dulu, dan di bantu dengan banyak referensi, aku sedikit banyak bisa mengamati, bahwa filosofi kehidupan hewan sangat bagus untuk kehidupan manusia. Salah satunya adalah filosofi burung rajawali.

Burung rajawali adalah burung yang 'iconik'. Segala kelebihannya sering di jadika 'brand image' ( misalnya 'brand image' salah satu TV stasta di Indonesia ). Bahkan negara Amerikapun menggunakan burung rajawali sebagai lambang negara. Juga lambang Burung Garuda, walau Burung Garuda adalah ciptaan saja, tetapi konsepnya merupakan sosok burung rajawali. Apa yang menjadikan burung rajawali ini menjadi filosofi bagi banyak kesempatan dan bagi banyak orang.

Rajawali memang dikenal sebagai 'the king of bird'. Ketngguhannya untuk terbang, membuat rajawali menjadi penguasa langit. Di tunjang dengan mata dan visualnya yang tajam, rajawali di kenal sebagai burung pemangsa dan pendeteksi yang akurat. Filosofi inilah yang banyak di adopsi sebagai 'brand image' bagi banyak kesempatan, seperti di tulis di atas, bahwa usahanya atau bisnisnya di harapkan dapat melesat tinggi seperti rajawali serta memiliki visi jauh ke depan.

Di antara berbagai kelebihannya, rajawali di nilai memiliki sifat yang peka namun tenang membaca situasi. Rajawali adalah burung yang memiliki 'aerodinamika' yang sempurna. Dengan sayap yang lebih besar dari tubuhnya, rajawali memiliki kestabilan saat melayang2 di udara. Karena kerja sayap lebih banyak untuk melayang di bandingkan untuk mengeak-ngepak, maka rajawali tidak pernah lelah saat berada di langit.


[caption id="attachment_122653" align="aligncenter" width="500" caption="mynganjuk.blogspot"]

1310623803909008047
1310623803909008047
[/caption]

Rajawali mampu terbang melayang sepanjang hari, di bantu dengan arus udara. Sayap rajawali juga mampu membaca arus udara yang tidak teratur sehingga rajawali mampu menghindar dari guncangan dan mampu terbang dalam keadaan badai sekalipun. Untuk dapat terbang tinggi dan melayang2 di udara, rajawali harus sabar menunggu hawa panas,  sekalipun burung2 lainnya berterbangan menikmati hembusan angin dan hangatnya sinar matahari.

Saat rajawali melayang di langit, matanya bekerja mencari mangsa. Kemampuan visualnya yang tajam ( sekita 5x lebih tajam dari manusia ) membuat rajawali sangat mudah mendeteksi setiap perubahan gerak binatang yang hendak dimangsanya. Maka, sekalipun rajawali berada ratusan mil di atas permukaan tanah, rajawali mampu mengamati gerakan tikus ataupun ular di sela2 rerumputan atau mengamati ikan2 yg berenang di sungai. Dan dengan secepat kilat, rajawali mampu menangkap mangsa yang sudah di amatinya sejak berada di langit.

1310623825104460510
1310623825104460510

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x