Mohon tunggu...
Christian Wibisono
Christian Wibisono Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa

Menjadi Pribadi yang Lebih Kreatif dan Inovatif

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

{Kreanova} Tempe Frozen Food Rumahan

27 November 2021   09:52 Diperbarui: 27 November 2021   10:11 128 14 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
 https://id.theasianparent.com/resep-nugget-tempe

Apakah kalian menyukai tempe? Kadang beberapa orang hanya menganggap tempe sebagai makanan murah yang membosankan. Tempe terkadang hanya menjadi makanan pendamping yang jarang disentuh orang, karena terkadang banyak orang tidak terlalu suka dengan rasanya. Akan tetapi akhir-akhir ini tempe mulai banyak dicari oleh para vegetarian karena selain murah, sehat, dan mengenyangkan, tempe juga memiliki banyak khasiat tersembunyi.

Khasiat dan kandungan gizi tempe antara lain yaitu memiliki kandungan kalori yang tinggi yaitu berkisar 180-200 kalori dan memiliki banyak nutrisi, serta memiliki lemak sehat yaitu suatu lemak tidak jenuh tunggal yang memiliki fungsi baik untuk mengendalikan kolestorol dalam tubuh dan dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Tempe sudah ada sejak berabad-abad lalu, yang dikonsumsi dan diwariskan secara turun-temurun, terkhusus didaerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Tempe sendiri sebenarnya merupakan suatu olahan pangan dari jenis pangan lokal berupa kedelai. Tempe sendiri ssangat mudah dibuat, karena hanya mengandalkan fermentasi ragi tempe. Namun apakah kalian tau bahwa tempe tradisional hanya bertahan 2-3 hari saja? Ya betul tempe tanpa penanganan yang baik hanya bertahan 2-3 hari saja dan selanjutnya tempe akan busuk berwarna hitam dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Banyak cara dilakukan agar tempe dapat bertahan lama, yaitu salah satu nya dengan pengemasan secara vakum, akan tetapi cara ini terbilang cukup mahal karena selain dibutuhkan pengetahuan untuk cara pemrosesannya, juga harus memiliki plastik vakum dan alat vakum itu sendiri. Tetapi dari hasil beberapa penelitian yang didapat memang hasil dari penggunaan cara vakum yang didapatkan sangat efektif karena tempe yang divakum menggunakan plastik khusus akan bertahan sekitar 4 hari tanpa mengalami perubahan rasa atau bentuk, dan masih  aman untuk dikonumsi.

Ada cara lain yang dapat digunakan oleh orang rumahan bahkan ibu-ibu rumah tangga, untuk  membuat tempe tetap awet dan memiliki rasa yang lebih enak. Cara berikut selain mudah dilakukan, alat dan bahan yang digunakan juga sangat mudah ditemukan disekitar rumah, dengan harga terjangkau. Selain itu cara berikut ini juga dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis sayuran sehat yaitu salah satunya wortel.

Cara kreatif dan inovatif yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat "Tempe Frozen Food Rumahan". Bahan yang digunakan yaitu hanya tempe +/- 350 gram, 1 butir telur ayam, 1sdm tepung terigu, 3sdm tepung roti, 1 buah wortel kemudian diparut, minyak secukupnya (untuk loyang), 1 helai bawang daun diiris kecil-kecil. Kemudian selanjutnya menyiapkan bumbu halus yaitu 4 siung bawang putih, sdt garam, 1sdt merica halus, sdt biji pala bubuk, kaldu jamur dan kaldu ayam. Selanjutnya siapkan bahan celup yaitu 1 butir ayam kemudian dikocok sebentar, dan bahan pelapis yaitu tepung roti secukupnya.

Langkah awal yang dilakukan yaitu potong tempe dengan ukuran dadu kecil kemudian haluskan tempe dan bawang putih dengan menggunakan cobek, selanjutnya gabung tempe dan bawang putih yang sudah halus, wortel yang sudah diparut, 1 butir telur ayam, sdt garam, 1sdt merica halus, sdt biji pala bubuk, kaldu jamur dan kaldu ayam, dan juga bawang daun yang sudah diiris kecil-kecil, selanjutnya masukan semuanya ke dalam wadah atau baskom, kemudian aduk hingga rata.

Setelah diaduk dengan rata, masukan dengan rata ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak, kemudian kukus tempe selama 15-20menit menggunakan api kecil, kemudian angkat, dan biarkan sampai dingin. Selanjutnya setelah dingin, tempe dikeluarkan dari loyang kemudian potong-potong tempe menjadi persegii panjang kecil, lalu celupkan pada telur yang sudah dikocok, dan baluri dengan tepung roti, lakukan hingga seluruh tempe yang dibuat habis.

Tempe yang sudah terbaluri tepung roti bisa langsung digoreng dan siap disajikan sebagai lauk utama dirumah, selain itu juga bisa langsung dimasukan ke dalam freezer kulkas dan dapat bertahan selama lebih dari 3 hari. Selain mudah dilakukan, cara tersebut juga dapat menambah rasa pada tempe dan juga dapat membuat tempe menjadi lebih sehat karena bisa dicampur dengan beberapa jenis sayuran, sehingga selain dapat bermanfaat bagi kesehatan, juga dapat mempermudah ibu rumah tangga menyiapkan lauk untuk keluarga. Sekian inovasi dan kreasi yang saya buat kali ini, semoga dapat membantu teman-teman sekalian yang kesulitan dalam mengawetkan dan mengolah tempe. Terima kasih.

https://www.indozone.id/food/4WsA77/membuat-nugget-tempe-sayur-untuk-stok-makanan-saat-dirumahaja
https://www.indozone.id/food/4WsA77/membuat-nugget-tempe-sayur-untuk-stok-makanan-saat-dirumahaja

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan