Mohon tunggu...
Teguh Christianto
Teguh Christianto Mohon Tunggu... Menulis Untuk Mengabadikan Pemikiran

Bukan Siapa Siapa Hanya Sedang Berpikir dan Mencari

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dari Rumah ke Rumah Wujudkan Mimpi Indonesia Maju

12 Agustus 2020   20:20 Diperbarui: 12 Agustus 2020   20:24 124 0 0 Mohon Tunggu...

Ketika pemerintah dengan giatnya menggelorakan semangat "Indonesia Maju", pemerintah memang benar-benar bermaksud menjadikan negara ini maju. 

Melihat perjalanan pemerintah enam tahun belakangan ini, pembangunan infrastruktur yang begitu gencar dilakukan dari pelosok hingga keramaian kota, benar-benar mengejawantahkan prinsip membangun dari batas terluar. 

Jelas bahwa pembangunan jalan tol, jalan lintas, bendungan, bandara, pelabuhan, rumah sakit, jembatan, dan infrastruktur lainnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup semua penduduk Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, pemerintah meyakini bahwa infrastruktur maju akan mendorong terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai pelaksana langsung program-program pembangunan di lapangan sehari-hari. 

Tentu, Kementerian PUPR dinilai cukup sigap dalam merealisasikan program-program pembangunan. Terbukti dari inisiatif Kementerian PUPR yang tidak hanya memprioritaskan pembangunan infrastruktur makro, tetapi juga menaruh perhatian pada pembangunan infrastruktur mikro. 

Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat setiap orang membutuhkan sebuah "rumah". Idealnya, rumah adalah tempat orang-orang mengawali hari-harinya dan juga menjadi tempat melepas segala penat. 

Rumah adalah tempat bertolak sekaligus tempat kembali. Karena itu, setiap tempat di mana kita merasa diterima dan  dihargai adalah sebuah rumah. Namun kenyataannya, tidak semua rumah layak dijadikan "sebuah rumah". Kondisi lingkungan yang kotor dan buruk secara sosial akan menjadikan rumah menjadi pemutus asa alih alih menjadi support system.

Melihat peran vital rumah sebagai alat pembangunan sumber daya manusia, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan merumuskan berbagai program  pengadaan rumah, baik revitalisasi maupun bangun baru. 

Salah satu programnya adalah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Ada banyak program lainnya, namun program yang paling efektif dijalankan pada saat pandemi seperti ini adalah BSPS.

Di antara efektivitas program ini adalah skema pengadaannya yang berupa program padat karya tunai. Kementerian PUPR terbukti sangat sigap mendukung inisiasi pemerintah bagi setiap lembaga untuk menjalankan program-programnya dengan extraordinary ketimbang business as usual. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN