Mohon tunggu...
Christian Marciano
Christian Marciano Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

baca, olahraga, game

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

3 Desember 2022   16:22 Diperbarui: 3 Desember 2022   16:28 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi ini sangat membantu mahasiswa dalam menjalin hubungan antara orang lain yang kita tidak pernah temui. Pada awal sebelum memulai hari ddimana acaranya dimulai saya diberikan tugas terlebih dahulu. Tugas yang diberikan adalah memilih salah satu bait yang ada dilagu IndonesiaRaya 3stanta. Setelah saya memilih saya diharuskan memberi alasan karena telah memilih bait tersebut. Tidak hanya itu saya juga mengerjakan soal yang harus memilih link video yang telah disediakan dari email, dan saya memilih tentang perjalanna chef Juna. Dari video tersebut saya harus memberi tanggapan tetang apa yang dapat diambil dari video tersebut. 

Pada hari saat acara saya berdinamika bersama kelompok saya yang telah ditentukan. Kami berdiskusi dan melakukan presentasi dalam acara. Tidak hanya itu kami juga harus memilih untuk menilai kelompok lainnya. 

Dari acara tersebut saya mendapatkan pengalaman yang berharga seperti kita harus memiliki komunikasi yang baik didalam kelompok dan kerjama yang baik. Kita juga harus menggunakan logika karena dengan adanya logika kita dapat membedakan mana hal yang baik dan mana hal buruk, karena sekarang banyak hal -- hal yang namanya kebohongan bahkan informasi yang kita dapatkan sekarang belum tentu 100% bernar karena banyaknya hoax yang beredar. Dalam acara ini saya juga mendapatkan manfaat yang penting seperti "Public Speaking" kemampuan ini sangatlah berguna ketika kita menjalin komunikasi pada orang lain dan dalam sebuah group. 

Public speaking ini juga sangat berguna dalam dunia kerja karena jika kita bekerja kita juga harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang bagus agar dapat menyelesaikan terutama pada saat meeting. Saya akan menerapkan kemampuan yang saya dapatkan untuk perjalanan kuliah saya seperti pada saya saat berbicara terhadap teman saya dan dosen. Cara saya meningkatkan cara berpikir dan berbahasa adalah menggunakan logika saya karena setiap kita melalkukan sesuatu kita harus berpikir untuk dampak kedepannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun