Mohon tunggu...
Chrestella Aradyea
Chrestella Aradyea Mohon Tunggu... Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan STP Trisakti

Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan STP Trisakti 2017

Selanjutnya

Tutup

Travel

Menikmati Jamu Tradisional di Hilton Bandung

14 April 2021   16:03 Diperbarui: 14 April 2021   16:11 32 2 0 Mohon Tunggu...

Ada yang menarik untuk para tamu yang menginap di Hotel Hilton Bandung. Setiap weekend, alias Jumat, Sabtu dan Minggu, para tamu bisa menikmati minuman suguhan berupa jamu tradisional. Jamu ini merupakan bagian dari Warung Jajaneun Bareto, yang dapat tamu temukan di area lobby. Lalu apakah Jajaneun Bareto itu?

Dalam bahasa sunda, bareto memiliki arti jaman dahulu atau masa yang sudah lampau. Jajaneun atau jajanan sendiri berarti makanan siap makan yang biasanya dijual oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan alias street food. Salah satu jajanan Indonesia yang terkenal dan sudah ada selama berpuluh-puluh tahun adalah jamu. 

Jamu adalah minuman herbal khas Indonesia. Awalnya, jamu dikenal sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Minuman ini dulunya dijual oleh ibu-ibu yang keliling dari rumah ke rumah sambil menggendong bakul berisi botol-botol jamu. Walaupun sekarang sudah jarang ditemukannya penjual jamu keliling, minuman ini tetap populer di kalangan masyarakat Indonesia. 

Dalam rangka menghidupkan kembali jamu tradisional, Hilton Bandung pun mempunyai program setiap weekend. Para tamu yang menginap dapat menemukan Warung Jajanan Bareto yang menyediakan welcome drink berupa jamu-jamuan. Terdapat 3 macam jamu yang disediakan, yaitu beras kencur, kunyit asam, dan jahe manis. Ketiga macam jamu ini mempunyai manfaatnya masing-masing, dan tamu dipersilahkan untuk mencobanya ketiganya. Tidak hanya welcome drink, Warung Jajaneun Bareto di Hilton Bandung juga menjual jamu-jamu tersebut dan juga bermacam-macam kue dan roti bagi tamu yang ingin membawa oleh-oleh saat pulang. Menarik bukan?

VIDEO PILIHAN