Mohon tunggu...
M Chozin Amirullah
M Chozin Amirullah Mohon Tunggu... Relawan - Blogger partikelir

Antusias pada perubahan sosial, aktif dalam gerakan mewujudkannya. Menghargai budaya sebagai bunga terindah peradaban. Memandang politik bukan sebagai tujuan namun jalan mewujudkan keadilan sosial. Tak rutin menulis namun menjadikannya sebagai olah spiritual dan katarsis. Selalu terpesona dengan keindahan yang berasal dari dalam. Ketua Gerakan Turuntangan, Mengajak anak muda jangan hanya urun angan tetapi lebih bauk turun tangan. Kenal lebih lanjut di instagram: chozin.id | facebook: fb.com/chozin.id | twitter: chozin_id | Web: www.chozin.id

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Jakarta Care Line - Call Center Beras di Masa Pandemi Covid-19

6 Mei 2020   07:22 Diperbarui: 22 September 2021   17:10 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto: indonesiadermawan.id

Jakarta Care Line - Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Ahad (2/5), saya sempat mencoba menjadi 'customer service' layanan call center Jakarta Care Line - ACT. Program ini sebagai bagian dari ikhtiar membantu kesukutan warga Jakarta disaat pandemi Covid19 ini. Bagian dari Kolaborasi Sosial Bersekala Besar (KSBB) yang dipayungi Pemprov DKI Jakarta. KSBB adalah bentuk antisipasi terhadap dampak-dampak PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang diterapkan demi #lawanCOVID19.

Targetnya ambisius, ACT bercita-cita menjangkau 1 juta warga yang kekurangan mendapatkan kiriman betas. Saat ini masih pakai paket beras 5 kilo-an, tetapi mimpinya kalau sukses 25 kilo-an. Harapannya bisa untuk support satu keluarga selamat 1-2 bulan selamat #Covid19.

Saat saya 'bertugas' di kantor ACT, data menunjukkan per hari bisa sampai 2000an orang menelepon. Tentu tidak langsung dapat semua, ada proses verifikasi melalui korscek data dan profile. Sehari bisa lebih dari seribu kantong beras didistribusikan kepada yang benar-benar membutuhkan. Ya, benar-benar membutuhkan, buktinya mereka menelepon.

Tetapi yang menarik adalah caranya. Orang tidak perlu mendatangi suatu tempat untuk dirinya mendapatkan bantuan. Cukup call nomor telp no bebas pulsa 08001165228  lalu akan ditanya nama dan alamat lengkap sesuai KTP, habis itu tinggal menunggu kiriman berasnya.

ACT memberdayakan ojek online untuk pengirimannya. Juga bekerjasama dengan Kodim setempat untuk pool berasnya sehingga dikirim dari lokasi terdekat.

Disaat-saat krisis seperti ini, saya masih bangga, bangsa ini punya aset anak2 muda kreatif yang dengan inovasinya membantu  sesama sebangsanya yang kesusahan. Mereka menggunakan sumberdayanya bukan untuk kepentingan diri sendiri tetapi untuk kepentingan bersama.

Juga pada para donatur. Bangga, ternyata Indonesia adalah salah satu negara yang tingkat filantropi penduduknya tertinggi. Data dari teman2 di ACT menunjukkan, di saat krisis seperti skarang ini jumlah nominal sumbangan memang berkurang akan tetapi jumlah personal penyumbang justru bertambah.

Oh ya, bagi Anda yang mau kontribusi, silahkan bisa buka website ini www.IndonesiaDermawan.id

#lawanCOVID19 #corona dengan #socialdistancing #jagajarak #turuntangan #dirumahaja #aksicepattanggap

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun