Mohon tunggu...
Reinhard Hutabarat
Reinhard Hutabarat Mohon Tunggu... Penikmat kata dan rasa...

Seorang penulis amatir yang menyukai semua genre tulisan

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

MotoGP Austria 2019, Dovi Taklukkan Marquez di Tikungan Terakhir

12 Agustus 2019   02:09 Diperbarui: 12 Agustus 2019   02:15 0 12 6 Mohon Tunggu...
MotoGP Austria 2019, Dovi Taklukkan Marquez di Tikungan Terakhir
Dovizioso berhasil mengalahkan Marquez pada GP Austria 2019, sumber : riaubarometer.com

Tiga lap jelang akhir balapan Moto GP Austria 2019, para penonton yang berada di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, maupun penonton yang menyaksikan lewat saluran televisi menahan nafas panjang... Duel seru diantara pebalap Honda, Marc Marquez dengan pebalap Ducati, Dovizioso terus berlangsung dengan sengit, wheel to wheel, saling salip untuk menjadi yang terdepan...

Lap ke-28 kemudian berakhir dengan Dovi menjadi pebalap pertama yang berhasil menyentuh garis finish... Penonton seketika mengeluarkan nafas tertahan, diikuti dengan tepuk tangan panjang membahana pertanda puas...

Luar biasa sekali, Dovi berhasil untuk kedua kalinya menjinakkan Sirkuit Red Bull Ring beserta Marquez lewat strategi djitoe dan tentu saja berkat kesabaran, kematangan dan keteguhan hati dari pembalap Italiano tersebut. 

Yah, kemenangan Dovi ini persis seperti ulangan balapan Moto GP Austria 2017, dimana ketika itu Dovi berhasil mengasapi Marquez pada tikungan terakhir juga.

Ini menjadi kemenangan kedua bagi Dovi sepanjang musim ini setelah sebelumnya ia berhasil menjuarai seri pembuka musim yang berlangsung di Doha, Qatar. Kemenangan Dovi ini juga sekaligus menjadi kemenangan keempat beruntun Desmosedici di sirkuit Red Bull Ring. Kemenangan tahun 2016 didapat lewat Iannone, 2017 dan 2019 oleh Dovi dan 2018 oleh Lorenzo.

Sebaliknya Marquez juga mencatat sebuah rekor baru di sirkuit Red Bull Ring ini. Marquez menjadi satu-satunya pebalap Moto GP yang tiga kali berturut-turut "dikacangin" pebalap Ducati pada tikungan terakhir! Tahun 2017 dan 2019 oleh Dovi, sedangkan tahun lalu oleh Lorenzo, yang tahun ini justru menjadi rekan setim Marquez di Honda.

Podium juara Moto GP Austria 2019, sumber: https://www.ntvspor.net
Podium juara Moto GP Austria 2019, sumber: https://www.ntvspor.net
***

Jalannya balapan

Marquez, Fabio Quartararo bersama Dovizioso menempati grid terdepan. Di belakang mereka adalah Vinales, Bagnaia dan Nakagami pada grid kedua. Rins, Miller dan Crutchlow menempati grid ketiga, sedangkan grid keempat diisi oleh Rossi, Pol Espargaro dan Danillo Petrucci.

Selepas start Marquez meluncur mulus, dan Dovi mencoba merangsek ke depan. Menjelang T-3 (tikungan ketiga) Marquez dan Dovi nyaris saja bersenggolan dan kemudian melebar. Untungnya kedua pebalap ini tidak mengalami crash

Kesempatan itu kemudian langsung diambil Quartararo untuk memimpin balapan. Dovi kemudian berhasil mempertahankan posisi dua. Sementara itu Marquez justru tercecer ke posisi empat di belakang Miller.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2