Mohon tunggu...
Reinhard Hutabarat
Reinhard Hutabarat Mohon Tunggu... Penikmat kata dan rasa...

Seorang penulis amatir yang menyukai semua genre tulisan

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Hamilton Jinakkan Sirkuit Hungaroring untuk Ketujuh Kalinya

6 Agustus 2019   14:34 Diperbarui: 6 Agustus 2019   17:02 0 18 6 Mohon Tunggu...
Hamilton Jinakkan Sirkuit Hungaroring untuk Ketujuh Kalinya
Podium juara GP Hungaria 2019, sumber: Bola.com

Hati Hamilton kini sedang berbunga-bunga. Pebalap Inggris itu baru saja mempertajam sejarah F1 setelah berhasil menaklukkan Sirkuit Hungaroring untuk ketujuh kalinya! Prestasi sensasional ini jauh melampaui raihan legenda F1, Michael Schumacher yang menjuarai sirkuit Hungaroring ini sebanyak empat kali.

Sebelumnya Hamilton telah menjuarai sirkuit ini pada tahun 2007, 2009, 2012, 2013, 2016 dan 2018! Padahal pada pekan sebelumnya Hamilton dan Bottas meraih hasil buruk pada perhelatan GP Jerman. Mereka gagal menuai poin pada balapan yang berlangsung di kandang sendiri itu. Hamilton hanya bisa finish di posisi 11, sedangkan Bottas sendiri harus out dari balapan.

Sebaliknya nasib sial menimpa pebalap Red Bull, Max Verstappen. Memimpin hampir sepanjang balapan, pemegang pole ini terpaksa harus menyerahkan kursi podium satu kepada Hamilton setelah disalip pebalap Mercedes itu tiga lap menjelang akhir balapan.

Padahal sebelumnya beberapa kali Hamilton mencoba menyalip Vestappen tapi gagal. Bahkan dua kali Hamilton terpaksa harus keluar dari lintasan ketika memaksakan diri untuk menyalip Verstappen yang pantang menyerah.

"Sakitnya tuh disini bro, teriak Verstappen dari balik kokpitnya," tapi tak ada yang bisa dilakukannya untuk menghadang laju Hamilton. Apalagi kembang ban-nya pun sudah mulai aus. Walaupun terkenal sebagai pebalap nekat, tapi nyali Verstappen ini belumlah senekat pebalap (sopir) Metromini itu...

Tapi Verstappen tak mau larut dalam kesedihan. Karena jaraknya dengan duo pebalap Ferrari cukup jauh, maka Verstappen masuk pit untuk mengganti ban ke kompon soft. Akhirnya Verstappen membukukan fastes lap dan sukses menambah satu poin lagi.

Keberhasilan Hamilton dalam balapan di Sirkuit Hungaroring, Budapest ini juga menuai pujian. Setelah beberapa kali mencoba menyalip Verstappen dan gagal, Hamilton kemudian bermain sabar saja di belakang mobil Verstappen.

Awalnya Verstappen dan Hamilton memakai strategi satu pitstop. Tapi Hamilton kemudian mengubah strategi dengan masuk pit untuk mengganti ban dengan kompon medium. Strategi yang ternyata sangat jitu, apalagi tim Red Bull terlambat mengantisipasinya.

Balapan menyisahkan 21 lap lagi ketika Hamilton keluar dari pit dengan jarak 21 detik di belakang Verstappen. Awalnya Verstappen cukup percaya diri dengan jarak tersebut.

Namun petaka kini menimpa kubu Red Bull. Dengan ban segar, Hamilton kemudian bisa memangkas waktu bahkan sampai dua detik per lap. Verstappen hanya bisa termangu saja ketika Hamilton kemudian datang untuk menyalipnya.

Max Verstappen pebalap pemegang pole ke-100 balapan F1, sumber: BolaSport.com
Max Verstappen pebalap pemegang pole ke-100 balapan F1, sumber: BolaSport.com
Jalannya balapan
Verstappen berhasil menyabet pole perdananya pada sirkuit Hungaroring ini. Verstappen kemudian menjadi pebalap peraih pole berbeda ke-100 sepanjang sejarah balapan Formula 1.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x