Mohon tunggu...
Reinhard Hutabarat
Reinhard Hutabarat Mohon Tunggu... Penikmat kata dan rasa...

Seorang penulis amatir yang menyukai semua genre tulisan

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Marq Marquez King of Sachsenring

8 Juli 2019   18:14 Diperbarui: 8 Juli 2019   18:22 0 3 2 Mohon Tunggu...
Marq Marquez King of Sachsenring
Podium GP Jerman 2019, sumber : Medcom.id

Sensasional adalah kata yang paling tepat bagi Marc "baby alien" Marquez ketika dia untuk yang kesepuluh kalinya secara berturut-turut ( 7 kali di MotoGP) berhasil menaklukkan sirkuit Sachsenring. Gelar kesepuluh tersebut diraihnya dengan sangat mudah, bahkan dia nyaris "tertidur" di lintasan pendek favoritnya itu.

Sama seperti tahun 2018 kemarin, Marquez menjadi juara balapan lewat posisi pole sitter yang sekaligus juga memecahkan rekor fastest lap tahun sebelumnya. Akan tetapi perjuangan Marquez tahun 2018 kemarin itu tampak lebih berat bila dibanding tahun 2019 ini. Hal ini tak lepas dari pemilihan ban Hard-Soft ketika itu yang tidak sesuai dengan gaya membalapnya itu.

Namun kali ini Marquez (dan juga Crutclow) memilih kompon ban Hard (depan) -- Medium (belakang) Sementara pebalap-pebalap lain memakai kompon Medium-Hard dan Medium-Medium.

Marquez start dari posisi terdepan diikuti oleh Quartararo dan Vinales di row pertama. Cuaca basah di pagi hari membuat temperatur udara lebih rendah dibanding sesi kualifikasi dan Latihan Bebas pada hari sebelumnya.

Selepas start, tampak Quatararo melejit ke depan. Namun melewati T1 (tikungan pertama) Marquez sudah kembali berada di depan berkat late brake-nya. Tampaknya ada sedikit kontak antara Vinales dengan Quartarao, sehingga membuat posisi Quartararo mundur ke belakang. Sementara itu Vinales justru melejit untuk menempel Marquez.

Lap ke-2, Marquez memimpin di depan Vinales, Miller dan Rins. Apes buat Quartararo yang ingin merangsek ke depan malah justru crash. Sementara itu Dovi dan Rossi masih tercecer di posisi belakang.

Lap ke-3, Rins naik ke posisi 3 setelah berhasil melewati Miller. Tak lama kemudian Johann Zarko crash.

Lap ke-5, Rins kini naik ke posisi 2 setelah berhasil mengasapi Vinales.

Lap ke-6, Rins masih posisi 2, hanya tertinggal 0,7 detik di belakang Marquez.

Lap ke-7, Dovi naik ke posisi 6 setelah berhasil melewati rekan setimnya, Petrucci. Sementara itu Rossi masih nyaman di posisi 9.

Lap ke-10, Marquez mulai menjauh 2 detik di depan Rins. Sementara itu Crutchlow mulai menekan Vinales untuk mengejar podium 3.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN