Mohon tunggu...
Choirun NisaRahmawati
Choirun NisaRahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Skincare
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

.p

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Cara Mencegah Flek Hitam

30 November 2021   12:25 Diperbarui: 30 November 2021   12:43 88 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Flek hitam ialah masalah kulit yang berbentuk bintik-bintik yang berwarna hitam berukuran kecil yang terjadi pada kulit karena diakibatkan oleh pigmentasi yang berlebihan.masalah seperti ini biasa terjadi pada wajah, Namun bisa juga pada area kulit tubuh yg lainnya seperti dada,leher,dan juga tangan.

Penyebab flek hitam biasanya karena terkena nya sinar matahari secara berlebihannn atau terlalu lama,penyebab lainnya flek hitam adalah seperti faktor genetik atau keturunan,hiperpigmentasi,atau bisa saja terjadi karena bekas jerawat,Sebab bekas jerawat sering sekali meninggalkan bintik-bintik yang lama-lama akan menjadi flek hitam.

Ciri flek hitam yaitu berukuran kecil dan berwarna gelap atau hitam, Tapi biasanya pas pertama muncul berwarna coklat lalu akan berganti warna menjadi hitam.Flek hitam sering muncul pada pipi atau biasanya berada dibawah mata atau juga di Deket hidung.

         Cara mencegah terjadinya flek hitam

Kondisi ini memang tidak berbahaya sehingga tidak perlu pengobatan yang khusus.bahkan, kondisi ini malah bisa menghilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia.Meski begitu, banyak orang yang merasa kondisi ini dapat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, dibawah ini ada beberapa metode atau langkah-langkah penanganan yang dapat mencegah terjadinya flek hitam ,Yaitu:

1.menggunakan sunblok atau tabir surya

Kebanyakan flek hitam terjadi karena sinar matahari.maka, penggunaan tabir Surya sangat penting untuk mencegah terjadinya flek hitam agar terlindung dari sinar UV,kamu sangat dianjurkan untuk menggunakan tabir Surya dengan maksimal Spf 30 saat mau beraktivitas seharian di luar ruangan.

Dan juga sebaiknya untuk menghindari paparan sinar UV di antara jam 10 sampai jam 2 siang

 2.Rutin konsumsi jus buah

Minum jus,satu panduan atau juga tips yang sangat bagus untuk menghindari flek hitam,karena jus buah mempunyai serat dan vitamin untuk membantu mencerahkan wajah serta bisa membuat kulit lembut maka sangat efektif mengurangi terbentuk nya melanin sehingga membuat kulit wajah terhindar dari flek hitam.berikut adalah jus buah yang bagus atau bermanfaat untuk mencegahnya flek hitam:

*jus wortel

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan