Mohon tunggu...
Choirul Anam
Choirul Anam Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas islam zainul hasan

Jadilah diri sendiri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ekonomi Pembangunan Islam

29 Juli 2021   06:21 Diperbarui: 29 Juli 2021   06:36 67 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ekonomi Pembangunan Islam
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berbicara masalah ekonomi islam adalah yang mana jalannya perekonomiannya itu sesuai ajaran islam yang telah di ajarkan oleh nabi Muhammad saw. 

tentang Pembangunan bidang ekonomi adalah salah satu strategi untuk mencapai tujuan yang dicita citakan bangsa ini. Bidang ekonomi adalah salah satu bidang yang menjadi perhatianserius dan sangat strategis karena berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Berbagai perencanaan pembangunan selalu mengarah pada penguatan bidang ekonomi ini. Indikator keberhasilan pembangunan suatu negarapun dapat dilihat pada ketercapaian target-target ekonominya. Pertumbuhan ekonomi, pendapatan perkapita penduduk, jumlah pengangguran, tingkat kemiskinan, dan neraca pembayaran adalah ukuran-ukuran yang dicapai dalam menilai tingkat keberhasilan pembangunan ekonomi.

Pelaksanaan pembangunan ekonomi pada realisasinya perlu membangkitkan masyarakat dengan memperhatikan karakteristik daerah dan mayoritas utama pekerjaannya.Pendekatan industrialisasi (kapitalis) yang diterapkan selama ini lebih mengedepankan pada padat modal yang tidak memihak kepada masyarakat banyak. Sehingga kegiatan ekonomi yang dilakukan tidak mencerminkan kemampuan dan keahlian masyarakat. Pentingnya koordinasi kebijakan berkaitan dengan masih adanya beberapa permasalahan mendasar dalam perekonomian yang belum dapat diatasi dengan segera, seperti permasalahan struktural di sisi penawaran dan pembinaan UMKM. Koordinasi kebijakan Bank Indonesia dengan Pemerintah akan diprioritaskan pada upaya untuk mendukung penguatan kelembagaan ekonomi guna mendukung percepatan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kegiatan perekonomian secara luas.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN