Mohon tunggu...
chofifah wafiyah
chofifah wafiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa Akuntansi

Hari ini berjuang, hari esok raih kemenangan

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pengungkapan Akuntansi Sumber Daya Manusia dari Segi Informasi

19 Agustus 2020   15:44 Diperbarui: 19 Agustus 2020   15:39 322 2 0 Mohon Tunggu...

Dalam perkembangan pada dunia usaha yang saat ini semakin pesat, dimana perusahaan mulai memperhitungkan keterlibatannya mengenai aset tidak berwujud, terutama keterkaitannya pada sumber daya manusia dalam proses operasional perusahaan. 

Keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) itu sendiri merupakan suatu keharusan bagi setiap bisnis, karena keberadaan sumber daya manusia bagi suatu bisnis sangat berperan penting baik dalam segi operasional bisnis maupun dalam pencapaian target dalam bisnis tersebut.

Akuntansi Sumber Daya Manusia merupakan suatu proses pengukuran data mengenai dasar pemikiran manusia yang merupakan bagian dari sumber daya manusia yang biasanya dilakukan oleh suatu organisasi dan human asset sebagai nilai dari perusahaan yang sangat berharga. 

Ada berbagai asumsi-asumsi yang melatar belakangi dari konsep Akuntansi Sumber Daya Manusia (ASDM), asumsi yang pertama, yaitu bahwa sumber daya manusia  merupakan sumber daya yang berharga bagi perusahaan yang dapat memberikan manfaat dimasa sekarang maupun dimasa yang akan datang. 

Asumsi yang kedua, yaitu dimana nilai sumber daya manusia antar perusahaan berbeda-beda tergantung pada cara pengelolaan dari masing-masing perusahaan tersebut. Dan Asumsi yang ketiga, yaitu bahwa informasi yang disajikan akuntansi sumber daya manusia sangat berguna dalam berbagai aspek (Tunggal, 1995).

Pengungkapan Informasi Kuantitatif dan Kualitatif Akuntansi Sumber Daya Manusia

Dengan ditetapkannya akuntansi Sumber Daya Manusia (SDM), maka akan tersedia informasi tentang sumber daya manusia yang akurat dan relevan. 

Akuntansi SDM dapat memberikan informasi kuantitatif dan kualitatif kepada manajemen, terutama untuk keperluan pengelolaan Sumber Daya Manusia (Tunggal, 1995). Dan informasi tentang sumber daya manusia ini juga dapat digunakan oleh pihak intern maupun ekstern perusahaan.

Dalam memilih kriteria untuk menentukan data kuantitatif yang material dan relevan bagi investor dan kreditor, tekanannya ditujukan pada informasi keuangan atau data lainnya yang dapat dipergunakan dalam model pengambilan keputusan. 

Akan tetapi, dalam pembuatan perbandingan dari waktu  ke waktu dan diantara perusahaan yang berbeda-beda, para investor tidak dapat menganggap bahwa semua data kuantitatif yang dilaporkan memiliki probabilitas kecermatan yang sama. 

Pemakai laporan keuangan yang telah memperoleh informasi, pada umumnya mengandalkan pada beberapa pos dalam laporan keuangan dan memperoleh berbagai pengungkapan yang lebih lengkap apabila asumsi-asumsi tersebut tidak benar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN