Mohon tunggu...
Chintana AuliaUtari
Chintana AuliaUtari Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Chintana Aulia Utari

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan Pendidikan Tari

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Edukasi Penerapan Healty Life pada Anak-Anak dalam Pencegahan Covid-19

28 Juli 2021   07:02 Diperbarui: 28 Juli 2021   07:25 20 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Edukasi Penerapan Healty Life pada Anak-Anak dalam Pencegahan Covid-19
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Corona Virus Disease 2019 atau yang biasa disebut Covid-19  merupakan penyakit jenis baru yang sedang melanda seluruh dunia khususnya di Indonesia, di awal kemunculan nya tahun 2019 hingga saat ini penyakit ini telah menginfeksi jutaan orang bahkan hingga menyebabkan kematian. Anak - anak termasuk kedalam kelompok usia yang sangat rentan sekali terpapar Covid-19, dan tercatat sebanyak 12,6 persen anak - anak di indonesia diketahui positif Covid-19, maka dari itu para orang tua wajib memberikan edukasi mengenai kesehatan serta memberikan perlindungan baik dari luar maupun dalam pada anak. 

Penerapan healty life dalam pencegahan Covid-19 yang bisa diajarkan pada anak -- anak  agar mereka terhindar dari Covid-19 dengan melakukan perlindungan dari luar yaitu dengan memberikan edukasi mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar, cara mentetapkan etika ketika batuk yaitu dengan menutup mulut dan hidung, cara melakukan jaga jarak fisik (Physical Distancing), selalu rajin untuk berjemur demi mendapatkan vitamin D bagi tubuh dan selalu menjaga kebersihan diri. Selain itu para orang tua juga diharuskan untuk membawa anak untuk bermain dan beraktifitas fisik baik di dalam atau di luar rumah dengan memperhatikan protokol kesehatan, contoh aktifitas fisik yang bisa di lakukan adalah berlari, bersepeda, atau lompat tali. Selain dari itu orang tua juga harus membentengi anak dengan memberikan perlindungan dari dalam tubuh, yaitu dengan cara memberikan asupan nutrisi lengkap dan bergizi sesuai dengan usia dan juga anjuran kesehatan.

Selain memberikan edukasi para orang tua juga diharapkan mempraktekan secara langsung mengenai penerapan healty life dalam pencegahan Covid-19.  Orang tua juga dituntut harus bisa memberikan edukasi yang mudah dicerna dan dipahami oleh anak, serta dituntut kreatif dalam memberikan edukasi pada anak. Orang tua bisa memberikan sebuah reward pada anak setelah mereka melakukan penerapan healty life, agar mereka selalu semangat ketika melakukan penerapan healty life dalam pencegahan Covid-19.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x