Mohon tunggu...
Chilyatun Aulia
Chilyatun Aulia Mohon Tunggu... Setiap jiwa yang dilahirkan membawa kebermanfaatan

Masih perlu belajar banyak hal. Salah satu harga tak ternilai, yaitu menghargai.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Mengetahui Manfaat Madu

17 Mei 2021   07:35 Diperbarui: 17 Mei 2021   07:38 130 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengetahui Manfaat Madu
Pexels/ROMAN ODINTSOV

Tak kenal madu, maka tak kenal khasiat di dalamnya. Madu merupakan cairan kental manis yang berasal dari lebah. Lebah mengumpulkan nektar tanaman berbunga untuk menghasilkan madu. Lalu, nektar di simpan dalam sarang lebah untuk di proses. Biasanya madu dilakukan oleh lebah madu. 

Madu kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Madu mengandung karbohidrat. Karbohidrat dari madu berasal dari glukosa dan fruktosa yang merupakan gula sederhana. Dalam 100 gram madu (sekitar 5 sendok makan) terkandung sekitar 300 kalori dan 80 gram gula. Selain karbohidrat, madu juga mengandung beragam nutrisi. Madu mengandung vitamin dan mineral, seperti kalsium, tembaga, zinc, vitamin B, dan zat besi. Kemudian, madu mengandung protein meskipun dalam jumlah kecil. Satu sendok madu mengandung sekitar 0,06 gram protein. 

1. Menambah energi

Pexels/Ivan Siarbolin
Pexels/Ivan Siarbolin
Madu dapat menambah energi karena kandungan gula alami di dalamnya. Menyerap glukosa pada madu dengan cepat, sehingga memberikan dorongan energi langsung. Energi membantu menjalankan aktivitas sehari-hari dengan penuh semangat. 

2. Meredakan batuk

Pexels/Gustavo Fring
Pexels/Gustavo Fring
Batuk disebabkan berbagai kondisi yang memasuki saluran pernapasan. Batuk diakibatkan oleh debu, polusi, zat pemicu alergi, dan lain-lain. Batuk seringkali mengganggu saat beraktivitas. Tidak perlu cemas, madu bisa menjadi solusi dalam permasalahan tersebut. Walaupun tidak instan alias langsung sembuh, setidaknya mengonsumsi madu dapat meredakan batuk. Cukup menyampurkan dua sendok teh madu ke dalam air hangat. Tidak hanya itu, bisa juga menambahkan perasaan air lemon. 

3. Meningkatkan imunitas tubuh

qoala.app
qoala.app
Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk meningkatkan imunitas bertujuan mencegah berbagai penyakit. Madu bersifat antibakteri, antiradang, antijamur, kaya akan antioksidan flavonoid, dan polifenol. Madu terbukti meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk kesehatan. 

4. Baik untuk kesehatan jantung

halodoc.com
halodoc.com
Antioksidan dikaitkan dengan penurunan risiko jantung. Madu dapat membantu pembesaran arteri di jantung sehongga meningkatkan aliran darah ke jantung. Madu juga bisa mencegah pembentukan gumpalan darah yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. 

5. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x