Mohon tunggu...
Chikytha EvoneKristy
Chikytha EvoneKristy Mohon Tunggu... Chikytha Evone Kristy Lakada

Mahasiswa baru yang masih perlu banyak belajar

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Menanam di Lahan Sempit dengan Teknik Vertikultura

25 September 2019   00:19 Diperbarui: 25 September 2019   01:30 640 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menanam di Lahan Sempit dengan Teknik Vertikultura
Sumber:kabartani.com

Kebutuhan lahan untuk kegiatan nonpertanian cenderung terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk yang mengakibatkan semakin banyaknya pembangunan untuk memenuhi kebutuhan manusia seperti pembangunan tempat tinggal, sekolah dan pembangunan penunjang sektor ekonomi seperti daerah perkantoran dan pabrik industry.

Dengan adanya pembangunan-pembangunan tersebut menyebabkan berkurangnya lahan pertanian. Sementara disisi lain dengan meningkatnya jumlah penduduk bukan hanya kebutuhan tempat tinggal saja yang meningkat melainkan kebutuhan pangan juga semakin meningkat.

Jumlah lahan pertanian yang semakin berkurang tentu akan semakin mengurangi jumlah produksivitas tanaman pangan yang dibutuhkan oleh manusia itu sendiri.

Penurunan produksivitas tanaman menimbulkan kekhawatiran mengingat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk maka semakin banyak pula jumlah pangan yang dibutuhkan setiap harinya. Lantas apakah manusia itu sendiri harus mengurangi konsumsi pangan?

Hal tersebut tentu tidak memungkinkan, mengingat pangan merupakan kebutuhan primer manusia untuk dapat terus melangsungkan hidup.

Dengan semakin berkurangnya lahan pertanian, kita dipaksa harus memikirkan solusi untuk dapat tetap memenuhi kebutuhan pangan meskipun dengan kenyataan bahwa lahan pertanian yang semakin terbatas untuk ditanami tanaman pangan itu sendiri.

Di sinilah kita perlu melirik teknik Vertikultura. Pernahkah anda mendengar tentang teknik bercocok tanam Vertikultura?

Vertikultura diambil dari istilah bahasa inggris yaitu Verticulture yang terdiri dari dua kata Vertical yang berarti Vertikal atau Tegak lurus dan Culture yang berarti Budaya dalam hal pertanian merujuk pada Budidaya. Dalam KBBI Vertikultura diartikan sebagai: "cara bercocok tanam dengan menempatkan media tanam dalam wadah yang disusun secara vertikal, biasanya diterapkan pada lahan yang sempit."

Vertikultura sebagai teknik bercocok tanam secara bertingkat dapat menjadi pilihan untuk mengatasi lahan pertanian yang semakin terbatas. Vertikultura sangat cocok untuk diterapkan oleh orang yang ingin bercocok tanam di daerah perkotaan serta di tempat dengan lahan yang sempit seperti di pekarangan rumah.

Teknik Vertikultura lebih efisien dalam penggunaan lahan dibandingkan dengan cara bercocok tanam konvensional. Sebagai gambaran dapat dibandingkan  jika dengan cara bercocok tanam konvensional pada lahan seluas 1 dapat ditanami 40 batang tanaman bawang merah.

Sedangkan bila dibandingkan dengan cara bercocok tanam dengan teknik Vertikultura pada lahan seluas 1 dapat ditempatkan media tanam seperti pipa PVC dengan tinggi 2 meter sebanyak 4 buah. Pada 1 buah pipa PVC dapat dibuat 70 lubang untuk ditanami tanaman bawang merah, maka 4 pipa PVC dapat ditanami 280 tanaman bawang merah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x