Mohon tunggu...
Iftitah chika
Iftitah chika Mohon Tunggu... Iftitah chika prisilia

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Apa Saja yang Termasuk Ciri Khas dalam Jurnalistik Televisi?

18 Oktober 2020   17:18 Diperbarui: 18 Oktober 2020   17:20 39 6 1 Mohon Tunggu...

nah, kali ini saya akan menjelaskan beberapa ciri khas yang ada di dalam jurnalistik televisi nih. langsung saja yuk!

jurnalistik televisi adalah sebuah proses kegiatan menari, mengumpulkan, mengolah, dan menyiarkan berita lewat perantara media yaitu televisi. jurnalistik TV dan radio merupakan sama-sama jurnalisme penyiaran atau broadcast journalism karena keduanya memakai metode siaran yang sama dalam meyajikan berita yaitu metode siaran (broadcast).

jurnalisme TV juga di identikan dengan menyiarkan program berita. berita TV sering dianggap sebagai media yang sangat berpengaruh terhap stasiun TV, dan efek yang diberikan kepada para penontonnya dianggap lebih persuasif dibanding media lainnya.menurut catatan sejarah jurnalistik (history of journalism), jurnalistik TV pertama kali muncul pada tahun 1947, ketika stasiun NBC menyiarkan acara "Meet The Press" yang diadopsi dari program siaran radio. acara ini menampilkan tokoh politik, ekonomi, masalah nasional.

nah berikut ini adalah ciri khas dari jurnalisme TV:

1. anchor (pembaca berita)

orang yang bertugas membacakan berita, tapi dalam acara tersebut ia juga berimprovisasi dengan memberikan komentar pada berita yang ia bacakan. selain itu, ia juga melakukan live interview dengan format driven.

2. audio visual

TV menyajikan gambar dan suara. jurnalisme televisi merupakan paduan media komunikasi gambar(visual) dan suara(audio).

3. gaya bahasa

jurnalistik TV,seperti halnya jurnalistik radio, menggunakan bahasa tutur atau bahasa percakapan (lisan) penulisan naskah untuk berita TV menulis berdasarkan gambar(write to pictures), menulis untuk gambar(writing for visual), atau bertutur tentang gambar.

4. narasumber

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x