Mohon tunggu...
Frichicilia Grace Stahlumb
Frichicilia Grace Stahlumb Mohon Tunggu... Let's enjoyed the moment ^^

No Sound Without Silence =)

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Hai Kamu, Sudah Siap Jadi Bagian Generasi Simpel bersama BCA?

7 November 2019   23:29 Diperbarui: 7 November 2019   23:31 0 0 0 Mohon Tunggu...
Hai Kamu, Sudah Siap Jadi Bagian Generasi Simpel bersama BCA?
Source: www.bca.co.id

Halo para sobat milenial! Di jaman sekarang ini, rasanya manusia dan teknologi merupakan hal yang sudah tidak dapat dipisahkan lagi. Kemana pun arah kehidupan manusia, pasti teknologi akan selalu mengikuti dengan berbagai macam inovasi yang berubah sesuai kebutuhannya. 

Salah satu contoh betapa manusia dan teknologi saling membutuhkan adalah dalam transaksi perbankan. Kalau di jaman dulu kita mengenal transaksi perbankan adalah transaksi yang dimana nasabah harus menunggu berjam-jam di kantor cabang dan selalu dilanda kepanikan ketika ada transaksi keuangan yang terhambat yang mengharuskan nasabah datang ke bank, jaman sekarang transaksi perbankan adalah transaksi dimana nasabah bisa mendapat apa yang mereka inginkan dalam satu genggaman saja! Kalau bisa nasabah tidak perlu repot-repot lagi datang ke bank untuk menyelesaikan transaksinya.

Nah, salah satu bank swasta terbesar di Indonesia yaitu Bank Central Asia (BCA) memfasilitasi itu semua kepada para generasi simpel. Generasi simpel? Yap, di jaman yang sobat milenial menyebutnya dengan jaman now, kita bisa membuat transaksi perbankan yang ribet, lama, membosankan menjadi dibikin simpel aja! Bank BCA pun menjawab kebutuhan para milenial dengan membuatnya menjadi simpel dalam satu aplikasi saja, BCA mobile. Tentu sobat milenial sudah ada dong aplikasi BCA mobile di handphone-nya masing-masing.

Sekarang apa sih yang dibikin simpel dari BCA mobile ini? Sobat milenial pastinya sudah tahu kalau BCA mobile ini merupkan salah satu aplikasi perbankan yang selalu memberi kemudahan dan inovasi baru kepada penggunanya. Baru-baru ini BCA mengeluarkan inovasi baru lagi kepada para penggunanya yaitu pembukaan rekening baru via mobile BCA dan cardless transaction. Dari namanya saja mungkin sobat milenial sudah penasaran akan kelebihan yang ditawarkan dong.

Cardless Transaction

Source: Google Playstore
Source: Google Playstore
Kali ini saya ingin membahas salah satu dari inovasi baru BCA mobile yaitu cardless transaction. Kalau diartikan ke bahasa Indonesia, artinya transaksi tanpa kartu. Biasanya dalam transaksi perbankan apalagi untuk urusan finansial pastinya nasabah akan membutuhkan kartu ATM untuk verifikasi transaksinya. Lalu jika seandainya nasabah lupa membawa kartu ATM/kartu ATM nya ketinggalan atau kehilangan kartu ATM dan ada transaksi keuangan yang sangat penting apa yang harus dilakukan? Pulang ke rumah untuk mengambil kartu ATM lalu menunggu lama lagi di bank? Atau pasrah transaksinya harus batal karena tidak ada kartu ATM?

Tenang sobat milenial, BCA menjawab semuanya! Cardless transaction adalah solusinya, dibikin simpel aja kan? Jadi dengan aplikasi mobile BCA nasabah tetap bisa melakukan transaksi keuangan nya dengan lancar, baik tarik tunai di kantor cabang maupun tarik tunai di mesin ATM. Dan apabila sobat milenial ketinggalan dompet dan butuh banget tarik tunai di ATM, sekarang dengan modal handphone aja tarik tunai beres dalam sekejap. Keren banget kan?

Nah, buat yang ingin mencoba transaksi cardless para sobat milenial dapat melakukan steps berikut:

  • Buka aplikasi mobile BCA, masukkan PIN m-BCA, lalu ketika sudah di halaman utama pilih cardless.
  • Masukkan kembali PIN m-BCA, lalu pilih transaksi yang diinginkan (misalnya transaksi tarik tunai di kantor cabang).
  • Akan muncul kode transaksi nasabah. Nah kode inilah nanti yang akan dibawa untuk transaksi di kantor cabang. Jadi pastikan jangan di-escape dulu sebelum transaksi di kantor cabang berlangsung.

Source: www.bca.co.id
Source: www.bca.co.id

Selanjutnya, saya ingin memberi contoh penggunaan cardless transaction di kantor cabang. Berikut adalah steps-nya:

  • Sebelum melakukan transaksi cardless pastikan nomor rekening BCA dan nomor handphone kita adalah nomor yang terdapat di BCA mobile. Jika salah satu atau keduanya tidak dipenuhi maka transaksi cardless tidak dapat dilakukan.
  • Jika kedua syarat tadi sudah dipenuhi, sobat milenial bisa mengunjungi kantor cabang BCA terdekat. Jika misalnya ingin melakukan transaksi penarikan tunai, pastikan sudah mengisi slip penarikan tunai terlebih dahulu.
  • Ketika sudah sampai di meja teller, katakan kepada teller bahwa kita ingin melakukan cardless transaction, nanti teller akan meprosesnya lalu teller akan menyuruh untuk memasukkan nomor handphone yang terdaftar di mobile BCA pada mesin pinpad.
  • Saat diproses, teller akan meminta kode transaksi nasabah (yang ada di BCA mobile) untuk diinput di pinpad. Kalau sudah sukses, selamat transaksinya sudah berhasil! Kamu sudah masuk ke dalam anggota generasi simpel, hehehe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2