Muda Pilihan

Kehidupan Anak Kost Zaman Sekarang

1 November 2017   12:52 Diperbarui: 1 November 2017   13:13 1303 3 0
Kehidupan Anak Kost Zaman Sekarang
mahasiswahyu.blogspot.co.id

Sekarang ini memang banyak orang yang memilih untuk keluar daerah atau keluar kota hanya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu kuliah. Tak jarang kota-kota besar penuh dengan mahasiswa/i pendatang dari daerah lain. Mereka yang memilih untuk kuliah diluar kota dipaksa harus hidup mandiri tanpa campur tangan orang tua, mereka juga mau tak mau harus beradaptasi dengan lingkungan baru karena hal ini sangatlah berbeda jauh dengan daerah yang mereka tinggali sebelumnya.

Selain harus belajar mandiri, mereka juga harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Mereka dituntut harus mencari teman baru untuk bergaul. Teman-teman yang mereka dapat tentu saja berbeda dengan teman-teman yang ada di tempat sebelumnya. Jika salah memilih teman, itu juga akan mengarahkan ke hal yang tidak benar.

Mereka yang memutuskan untuk keluar daerah untuk kuliah,biasanya 80% memilih untuk ngekost,15% mahasiswa ikut orang tua karena masih di dalam kota, 4% memilih ngontrak, dan 1% dari mereka memutuskan untuk membeli rumah karena orang tua mereka sangat mampu untuk membiayai kuliah mereka (Sumber).

Kehidupan baru anak kost akan diwarnai dengan beberpa hal baru bahkan masalah baru. Anak kost yang jauh dari orang tua akan mengalami beberapa perubahan dari keseharian mereka saat masih bersama orang tua di tempat yang lama, disini mereka dituntut harus benar-benar mandiri dalam segala hal yang harus mereka lakukan sendiri.

Anak kost juga sangat memilih dalam hal mencari kost yang tepat, mereka memilih tempat yang nyaman, bersih dan rapi untuk mereka tinggali dalam jangka waktu selama kuliah. Sebagian anak kost menganggap bahwa dengan mereka "ngekost" adalah kesempatan untuk hidup bebas. Dalam hal ini yang dimaksud bebas adalah bebas mengekspresikan apa yang mereka mau.

Tetapi dengan ngekost akan mengalami beberapa perubahan, misalnya apabila kita dirumah semua akan dilayani oleh orang tua tetapi tidak dengan kita ngekost, kita akan melayani diri kita sendiri. Saat ngekost kita juga akan merasakan kebebasan, tetapi kebebasan yang disertai dengan tanggung jawab.

Anak kost sangat identik dengan hidup apa adanya, maksudnya disini adalah bisa makan saja sudah bersyukur. Tetapi tidak semua anak kost begitu. Disinilah kehidupan baru dimulai. Kehidupan yang benar-benar mengharuskan kita untuk mandiri. Anak kost dituntut untuk benar-benar lepas dari kebiasaan yang dilakukan pada saat dirumah,karema kehidupan anak kost sangat lah berbeda dengan kehidupan di rumah atau dari daerah asal. (Sumber)

Kost yang mereka tempati biasanya digunakan untuk tempat tidur dan tempat untuk membuat laporan atau tugas. Karena waktu mereka akan lebih banyak dihabiskan di kampus dibandingkan di kost.

Masalah yang sering terjadi di kost adalah karena ada yang sudah nyaman dengan fasiliitas kost yang lengkap dan dapat bersosialisasi dengan penghuni lain, tetapi akan timbul masalah lain jika kita merasa tidak nyaman dengan kost tersebut karena fasilitasnya tidak lengkap dan tidak dapat bersosialisasi dengan penghuni kost lain. 

Selain masalah tersebut, yang sering muncul adalah masalah keuangan. Karena mereka hidup jauh dari orang tua maka mereka dituntut untuk benar-benar mandiri dalam segala hal. Ada yang merasa sudah cukup dengan uang yang diberikan orang tuanya tiap bulan tetapi ada yang merasa kurang. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak dari mahasiswa yang mencoba peruntungan di dunia usaha demi mendapatkan uang saku tambahan. Bahkan ada juga yang bekerja part-time.

Kehidupan di kost dianggap bebas bagi sebagian mahasiswa, karena hal ini diaggap mereka berhasil keluar dari aturan dan kekangan yang selama di rumah mengikat mereka. Merasa jauh dari orang tua mereka bebas melakukan segala hal yang mereka mau. Bahkan sering terjadi hal yang menyimpang seperti anak laki-laki dan perempuan tinggal dalam satu kamar,terkadang juga anak kost sengaja mengajak teman-temannya untuk kumpul di kost hanya untuk bersenang-senang. Yang di maksud bersenang-senang adalah mereka kumpul dengan mengadakan pesta miras bahkan narkoba. Hal ini lah yang sangat ditakutkan pada anak-anak kost. Tetapi tak jarang juga yang hanya berkumpul untuk sekedar mengerjakan tugas atau laporan hingga menginap.

youthmanual.com
youthmanual.com

Saat jauh dari orang tua harusnya anak kost harus bisa menjaga diri mereka dengan baik. Bebas tapi harus tetap bertanggung jawab. Tujuan mereka ke luar daerah adalah untuk kuliah bukan untuk bersenang-senang, harusnya mereka selalu ingat tujuan tersebut.

Kehidupan anak kost sangat dianggap akan mengalami perubahan yang sangat signifikan, mereka harus berkuliah jauh dari orang tua dan daerah asal mereka. Kehidupan mereka di dalam kost akan membawa membawa beberapa dampak positif dan negatif.

Dari segi positifnya, mereka mau tidak mau harus bisa hidup mandiri dan harus berhemat. Mereka dituntut harus melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan orang tua, dan nereka harus benar-benar bisa mengatur keuangan mereka. Bagaimana caranya harus bisa bertahan dengan uang yang diberukan orang tua hingga akhir bulan.

Selain dari segi positif anak kost juga akan mendapatkan dampak dari segi negatif, meraka akan tidak peduli dengan keadaan orang tuanya dirumah karena mereka telah merasa bebas dari aturan orang tua, mereka juga akan melakukan hal-hal yang menyimpang seperti seks bebas, bahkan narkoba. Uang yang diberikan orang tuanya untuk kuliah atau untuk keperluan kost malah digunakan untuk bersenang-senang.

Anak kost yang sudah benar-benar merasa bebas tidak akan peduli dengan tujuan awal mereka yang pergi ke luar daerah untuk kuliah. Nakal boleh rusak jangan, mari hidup bebas tapi tahu aturan.


Tresi Afiani