Mohon tunggu...
Diskusi muda
Diskusi muda Mohon Tunggu... Lainnya - pencinta budaya terutama budaya Manggarai dan filsafat. Juga ingin studi antropologi.

Saya ingin mengajak kaum muda untuk melestarikan budaya kita. Ini adalah harta kekayaan kita yang berharga. Saya juga peduli dengan peristiwa yang terjadi di masyarakat. Untuk itu subscribe chanel youtube saya :motivasi hidup . Chanel ini berisi musikalisasi puisi dan video mengenai budaya dan daerah wisata. Subscribe chanel motivasi hidup.https://bit.ly/2TkZrTZ.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Era Digital, JNE Berkontribusi Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

20 Desember 2021   10:47 Diperbarui: 20 Desember 2021   10:57 241 11 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://kabarbesuki.pikiran-rakyat.com/


         Manusia sebagai makhluk rasional, yang mampu untuk berpikir kritis dan bertindak untuk melihat kehidupan dari masa ke masa mampu menciptakan yang dapat berguna bagi sesama. Pengalaman menghasilkan gagasan yang dapat digunakan untuk meningkatkan taraf ekonomi. Keberadaan teknologi pada saat ini tentu karena belajar dari pengalaman yang kemudian ada orang yang menciptakan sesuatu yang baru untuk mempermudah kerja dari manusia. JNE hadir di tengah perkembangan kemajuan teknologi untuk membantu masyarakat. Pengiriman barang bisa tiba pada tempat tujuan dalam waktu yang singkat. Sehingga dalam urusan bisnis, dapat berjalan lancara dan memperoleh hasil berlimpah. Tidak mengherankan orang-orang yang berkontribusi bisnis dalam dunia digital memperoleh pendapatan yang besar dibandingkan orang-orang yang hanya menjalankan bisnis di pasar ofline.


        Saya tahun lalu mendapatkan hadiah baju dari JNE yang bertuliskan JNE, sebagai hadiah atas keikut sertaan dalam lomba yang diselenggarakan oleh JNE. Pengantar paket tersebut dari pihak JNE menunjukkan sikap yang ramah dalam memberikan paketan. Saya juga berapa kali mengirimkan barang melalui JNE dan barangnya dapat tiba di tempat tujuan dalam waktu yang singkat. Saya merasakan bahwa JNE mempermudah pekerjaan dan melancarkan segala macam urusan. Saya pada bulan april kemarin sedang menyelesaikan skripsi. Laptop yang saya gunakan mengalami error. Sayapun meminta keluarga untuk mengirimkan laptop. Keluarga mengirimkan laptop dari Flores ke Malang melalui JNE. Paketan ini tiba setelah tiga hari dikirimkan. Dengan JNE barang yang saya butuhkan dapat tiba dengan cepat, sehingga skripsi sayapun dapat selesai tepat waktu.
       JNE sebagai salah satu agen pengiriman barang telah hadir dan sangat membantu masyarakat. Dengan biaya pengiriman yang terjangkau, barang yang kita kirimkan terjamin keamanannya. Barangpun diterima sesuai kondisi barang saat dikirim. Teman saya menjelang natal dan tahun baru sekarang melakukan bisnis pakaian dengan pengiriman melalui JNE. Dia membeli pakaiannya di Malang oleh adiknya dan dikirim ke Flores dengan mengunakan jasa JNE. Barangnya pun tiba di Flores hanya berselang beberapa hari dari waktu pengiriman. Dengan demikian JNE telah berkontribusi dalam membantu perjalanan bisnisnya. Saya bertanya kepada dia, Apakah kamu masih mendapatkan untung dari bisnis pakaian yang dikirim melalui JNE? Dia mengatakan bahwa tetap mendapatkan untung meskipun tidak besar. Yang terpenting barang tiba tepat waktu di tangan konsumen. Sehingga kepercayaan akan terus ada dari konsumennya. Dengan ini, JNE telah berkontribusi dalam menjalankan bisnisnya.
JNE telah hadir melayani masyarakat hingga ke ujung perdesaan. Mereka tidak melihat kondisi dari tempat yang dituju seperti jalan. Mereka tetap mengantar barang ke tempat yang sesuai dengan alamat yang tertera pada paket. Pelayanan yang seperti ini membawa masyarakat bangga pada JNE. Tentu dengan pelayanan yang sampai pada tempat tujuan menghemat waktu dari konsumen. Tidak perlu menuju kantor JNE untuk mengambil barang. Apalgi jika konsumennya sudah lanjut usia.
Pernah juga ada tetangga saya yang sudah lanjut usia. Mendapat kiriman dari anaknya di Jawa. Kemudian pihak JNE mengantarkan paket kiriman dari anak mereka. Mereka mengatakan, anak kami masih di Jawa, dia tidak pulang, kenapa barangnya diantar kesini. Pihak JNE menjelaskan bahwa memang dia masih di Jawa, tetapi dia mengirimkan barang untuk kalian melalui kami. Tetap saja mereka menolak, takut ada sesuatu barang terlarang dalam paket. Iya, namanya juga orang tua. Karena kebiasaan di kampung, kirim barang tuh melalui angkutan umum, dan dikirm dari kota di wilayah itu. Dalam pemikiran mereka kalau ada barang yang dating berarti anak mereka berada di kota disini, tidak di Jawa. Saya pun datang menghampiri dan menjelaskan kepada mereka, juga menelpon anak mereka yang di Jawa. Merekapun menerima kiriman itu. Tentu pengalaman seperti ini membawa lelucon tersendiri bagi pihak JNE yang telah susah payah menuju lokasi alamat kiriman. Lelucon seperti ini menghibur mereka dan menghapus tetasan keringat.
Kehadiran JNE ini di tengah masyarakat Indonesia selama ini dalam pandangan saya dapat dikatakan sebagai "roda yang terus berputar". Roda yang terus berputar dalam hal ini dalam arti terus melayani masyarakat sampai ke pelosok terpencil. Dengan prinsip kerja keras dan keramahan dalam melayani. Pengirim barang datang membawa barang dan JNE bekerja mengirim dan di lokasi tujuan pegawai JNE mengantar barangnya. Ini menurut saya sebagai roda yang terus berputar.


         Di bidang ekonomi, di tengah pergerakan ekonomi menuju Indonesia Emas dalam tahun mendatang JNE hadir untuk meningkatkan perjalanan bisnis dari masyarakat. Selain itu dengan kehadiran JNE juga membantu mengurangi pengangguran. Kaehadiran JNE ke tengah masyarakat sampai kepelosok tentu membutuhkan banyak karyawan. Oleh karena itu, patut berterima kasih kepada JNE yang telah hadir melayani masyarakat.


        Sebagai orang yang hidup di tengah masyarakat plural, saya tentu memiliki harapan untuk JNE dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Situasi ekonomi di bangsa Indonesia yang terus berkembang dan kreatifitas masyarakat yang terus maju, maka hendaklah JNE memikirkan strategi baru yang dapat mendongkrak ekonomi masyarakat. Salah satunya menurut saya dengan menciptakan sebuah unit tersendiri dalam JNE berkaitan dengan transaksi bisnis online. Misalnya dengan harga lebih murah pengiriman paket bagi mereka yang menjadi mitra bisnis JNE.


        Kemudian JNE juga dalam mendukung perkembangan ekonomi masyarakat semestinya hadir di tengah masyarakat dengan bersosialisasi mengenai langkah-langkah dalam berbisnis. Sosialisasi ini bisa dilakukan secara daring. Karena persoalan masyarakat sekarang adalah tidak adanya orang yang membimbing dan mendamping mereka dalam menjalankan bisnis. Dapat saya katakan tidak ada orang yang membuka jalan untuk mereka ikuti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan