Mohon tunggu...
Sirilus
Sirilus Mohon Tunggu... Guru - pencinta budaya terutama budaya Manggarai dan filsafat. Juga ingin studi antropologi.

Saya ingin mengajak kaum muda untuk melestarikan budaya kita. Ini adalah harta kekayaan kita yang berharga. Saya juga peduli dengan peristiwa yang terjadi di masyarakat. Untuk itu subscribe chanel youtube saya :motivasi hidup . Chanel ini berisi musikalisasi puisi dan video mengenai budaya dan daerah wisata.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Situs Bersejarah Penemuan Fosil Homo Floresiensis ( Manusia Flores)"Liang Bua" Masuk Nominasi API 2020

2 September 2020   01:13 Diperbarui: 4 September 2020   19:24 404
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://images.app.goo.gl/S8YRPGGb1pn1nrwR9

        

  Pengalaman Pribadi    

        Sebelum membahas dimana letak Liang Bua, saya ingin berbagi sendiri sedikit mengenai pengalaman saya saat mengunjungi dan melihat orang yang berkunjung ke tempat ini. Saya sendiri berasal dari sekitar daerah ini. Waktu saya SD kisaran tahun 2004-2007, saya selalu menyaksikan orang-orang yang berkulit putih berjalan menuju tempat ini. Dengan mengunakan mobil dimana di mobil itu saya melihat bahwa banyak sekali alat-alat. Mungkin mereka ingin melakukan penelitian terkait fosil homo Floresiensis.

         Dan mulai saat itu banyak sekali orang lokal juga yang pergi mengunjungi situs bersejarah ini. Artinya bahwa tenpat ini menjadi salah satu tujuan objek wisata. 

Letak Liang Bua dan Isinya

  Di Manggarai terdapat salah tempat objek wisata dan situs bersejarah tempat ditemukannya fosil Homo Floresiensis. Liang Bua terletak di Provinsi NTT, Kabupaten Manggarai, Kecamatan Rahong Utara, desa Golo Manuk. 

       Jarak dari kota Ruteng Menuju Liang Bua ini kurang lebih 13 KM. Rute perjalanan dari Ruteng menuju Liang Bua ini yaitu dari kota Ruteng jalan menuju Karot, dan di Karot ada pertigaan ( satu jalur menuju jalur Reo dan satu jalur menuju Liang Bua) Jalur yang menuju liang bua belok kiri di pertigaan itu dari arah Ruteng. Kita akan melewati kampung Golo Bilas. 

        Sampai di Golo Bilas kita bisa memilih melalui jalur ke Ranggi atau melalu jalur ke Kenda, namun tujuannya tetap satu yaitu menuju Liang Bua. Di pinggir jalan kita juga dapat menyaksikan pemandangan yang sangat indah.

        Liang Bua sebagai tempat di temukannya fosil Homo Floresiensis. Sepengetahuan penulis dari hasil penulis mengunjungi Liang Bua, tempat ini memiliki gua yang indah. Selain daya tarik karena disini ditemukan fosil, daya tarik model guanya juga menjadi salah satu bagian. 

      Gua di tempat ini bentuknya sangat unik, kita bisa lihat model bagian luarnya seperti sebuah rumah dengan atap batu. Atau bisa juga dikatakan halaman guanya bagian luar seperti halaman luas. Bagian dalam gua juga menampilkan keunikannya tersendiri.        

       Liang Bua ini sebenarnya bisa menjadi aset kalau dikelola dengan baik. Bukan berarti sekarang tidak baik. Dalam hal ini kalau di bentuk tim khusus promosi baik di media massa maupun secara langsung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun