Mohon tunggu...
Charlie Goldfin
Charlie Goldfin Mohon Tunggu... Administrasi - ..

Cinephile

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Mengenali dan Melawan Kemiskinan

22 November 2021   08:41 Diperbarui: 22 November 2021   08:50 84 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

Pendahuluan - Permasalahan Sosial

Menurut Oxford Dictionary of Sociology, tahun 1994, Permasalahan sosial merupakan istilah umum mengenai berbagai kondisi dan perilaku menyimpang yang merupakan manifestasi dari disorganisasi sosial. Hal tersebut merupakan kondisi yang kebanyakan orang dalam masyarakat menanggap tidak diinginkan dan ingin diperbaiki."

Juga menurut Earl Rubington dan Martin S. Weinberg, "Permasalahan sosial merupakan suatu kondisi dalam masarakat yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dalam masyarakat tersebut. Sehingga merupakan suatu ketidaksesuaian antara harapan, yaitu terwujudnya nilai-nilai dalam masyarakat, dengan kenyataan yang terjadi."

Berdasarkan teori di atas, dapat disimpulkan bahwa permasalahan sosial merupakan suatu kondisi dan perilaku menyimpang yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang dianut dalam suatu masyarakat. 

Suatu permasalahan sosial berarti bahwa mayoritas orang dari masyarakat menganggap hal tersebut tidak diinginkan dan ingin diperbaiki. Nah, setelah sudah mengerti tentang apa itu permasalahan sosial, selanjutnya saya akan membahas salah satu permasalahan sosial yang ada yaitu adalah kemiskinan. Yuk, mari kita simak!

Permasalahan - Kemiskinan

Sebelum kita pelajari lebih dalam lagi, saya ingin menjelaskan alasan mengapa saya membahas kemiskinan dalam artikel ini. Alasan saya membahas kemiskinan dalam artikel ini adalah karena kemiskinan merupakan suatu permasalahan sosial yang sangat besar, sebelum dan selama pandemi Covid-19. Selain itu, kemiskinan merupakan permasalahan yang sangat signifikan bagi negara-negara berkembang, khususnya Indonesia

Untuk mengetahui definisi kemiskinan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam publikasinya, The World Situation Report 1997, mendefinisikan kemiskinan sebagai "Kondisi yang berkaitan dengan ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia termasuk makanan, air minum yang aman, fasilitasi sanitasi, kesehatan, tempat tinggal, pendidikan, dan informasi."

Nah, setelah mengetahui definisi dari kemiskinan, mari kita cari tahu kondisi kemiskinan warga Indonesia sebelum dan selama pandemi Covid-19. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), presentasi kemiskinan di Indonesia merupakan 9,22 persen pada September 2019. Namun, karena datangnya pandemi Covid-19, lebih dari 2,7 juta jiwa jatuh ke kemiskinan sehingga presentase kemiskinan tersebut naik ke angka 10,19 persen.

Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga kemiskinan menimpa negara-negara lain, terutama selama pandemi Covid-19 yang merugikan perekonomian seluruh dunia. Berdasarkan informasi dari The World Bank, sekitar 150 juta jiwa, atau 1.4% dari seluruh populasi dunia jatuh ke kemiskinan akibat pandemi Covid-19 dan resesi global yang dibawanya. Setelah kita mengerti bahwa kemiskinan merupakan permasalahan sosial yang besar dan harus segera diatasi, mari kita pelajari lebih dalam lagi!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan