Mohon tunggu...
Charles Yohanes Olin
Charles Yohanes Olin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Penerima Beasiswa Unggulan Kuliah 100% Dari Kemdikbud. Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Jakarta Selatan. Jurusan Perhotelan.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Tips agar Daging Menjadi Empuk

20 Agustus 2022   02:25 Diperbarui: 20 Agustus 2022   02:33 67 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hallo, saya Charles Yohanes Olin mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, jurusan Perhotelan. Dan saya adalah salah satu penerima Beasiswa Unggulan Kuliah 100% dari KEMENDIKBUD.

Daging yang empuk  menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian para calon penyantap. Walaupun daging diolah dengan segala jenis bumbu yang enak namun jika tekstur pada daging tersebut tidak empuk melainkan keras maka akan sama saja, hal ini akan membuat nabsu makan penyantap berkurang jika daging yang dikonsumsi mereka terasa keras atau tidak empuk. Oleh karena itu melalui tips sederhana ini, kamu bisa menyajikan masakan daging yang empuk untuk orang tersayang kamu. Berikut Tips agar daging menjadi empuk:

1.Taburkan Garam di Permukaan Daging.

Garam akan membantu menghancurkan protein pada daging sehingga membuatnya terasa empuk. Sebelum diolah, anda perlu membaluri daging dengan garam hingga merata, lalu diamkan selama satu jam. Setelah itu, bersihkan daging dengan air matang, jika sudah dibersihkan barulah diolah.

2. Bungkus Daging Dengan Daun Pepaya.

Cara ini merupakan salah satu cara alami untuk membuat daging empuk tanpa boros gas, yaitu dengan memanfaatkan daun pepaya. Daun pepaya memiliki enzim papain yang mampu membuat tekstur daging menjadi empuk. Caranya adalah, remas-remas beberapa daun pepaya hingga getahnya keluar, setelah itu gunakan daun pepaya yang berlumuran getah untuk membungkus daging dan diamkan selama kurang lebih 2 jam.

Usahakan setiap bagian daging tertutupi dengan daun pepaya dan jangan membungkus daging terlalu lama atau lebih dari waktu yang disarankan agar getahnya tidak mempengaruhi rasa pada daging saat diolah nanti.

3. Baluri Dengan Buah.

Selain menggunakan daun pepaya, kamu juga bisa menggunakan buah seperti nanas, pepaya, dan kiwi untuk membuat daging empuk. Pepaya, nanas dan kiwi memiliki kandungan enzim nabati yang dapat melarutkan jaringan ikat dan protein pada daging. Bedanya jika daun pepaya hanya dijadikan pembungkus daging, sementara buah perlu di blender setelah itu dilumuri pada daging yang ingin dibuat empuk, dan diamkan selama 1 jam. Setelah dibilas daging pun siap diolah.

4. Rendam Baking Powder.

Selain buat mengembangkan kue, baking powder juga bisa kamu gunakan untuk mengempukan daging. Caranya cukup rendam daging dengan baking powder yang telah dicampurkan dengan bumbu lainnya selama semalaman. teknik ini cocok untuk kamu yang ingin membuat sate atau daging lada hitam.

5. Pukul Daging.

Agar daging lebih empuk dan lembut, kamu bisa menusuk-nusuk daging dengan garpu. Kamu juga dapat memukul-mukul daging dengan palu daging , memukul daging agar terasa empuk sudah menjadi cara jitu yang sering dilakukan oleh banyak orang. Perlu diperhatikan saat memukul daging harap menggunakan talenan agar daging tidak bergeser dan jangan memukul daging terlalu kuat karena dapat membuat sari daging keluar.

6. Masak Daging Dengan Api Kecil.

Ketika memasak daging, banyak orang yang tidak sabaran dan lebih memilih membesarkan apinya agar daging cepat matang. Sebenarnya api yang semakin besar malah membuat daging hancur dan keras. Oleh karena itu pastikan anda menggunakan api kecil saat memasak daging agar tekstur daging lebih lembut dan bumbunya juga lebih menyerap.

7. Rebus Dengan Panci Presto.

Saat ini banyak orang yang sudah menggunakan presto untuk mengolah daging. Panci presto akan mempercepat daging agar lebih empuk, karena saat memasak daging menggunakan panci presto suhu panas yang baik akan tetap stabil didalamnya sehingga membuat daging menjadi empuk lebih cepat.

*Sekian tulisan saya mengenai "Tips Agar Daging Menjadi Empuk". Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan. Terima Kasih :)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan