Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

3 Catatan di Balik Awal Manis The Three Lions dan Suksesnya Pesan Politis Timnas Iran

21 November 2022   23:20 Diperbarui: 21 November 2022   23:26 239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Selebrasi gol Bukayo Saka ke gawang Iran di laga Grup B Piala Dunia 2022, Senin (21/11/2022) malam WIB: AFP/Paul Ellis via Kompas.com

Tim nasional Inggris menandai debutnya di Piala Dunia 2022 dengan manis. The Three Lions memetik kemenangan pertamanya di Grup B saat menghadapi Iran di Khalifa International Stadium, Selasa (21/11/2022) malam WIB.

Kemenangan telak 6-2 sungguh berarti bagi Inggris. Memberi mereka poin sempurna yang direbut dari tim yang berada di lingkaran 20 besar FIFA dan sempat mencuri perhatian dalam laga pemanasan Piala Dunia berupa kemenangan atas Uruguay dan hasil imbang kontra juara Afrika, Senegal.

Di sisi lain, membangkitkan optimisme setelah perjalanan yang sulit dan penuh pesimisme menuju Qatar.

Seperti kita tahu, Inggris yang merupakan finalis Piala Eropa 2020 harus meniti jalan terjal sejak awal musim UEFA Nations League. Hingga dibekuk Italia 1-0 di matchday kelima, Inggris belum sekali pun menang.

Dua poin dari lima laga. Mendekam di dasar klasemen dengan produktivitas gol memprihatinkan yakni 1 berbanding 7. Satu-satunya gol itu pun dari titik penalti yang dieksekusi Harry Kane saat bermain imbang 1-1 kontra Jerman. Tak heran mereka pun harus terdegradasi dari kasta teratas menuju Liga B.

Banyak kritik mengiringi Gareth Southgate ke Timur Tengah. Meski tidak sedikit yang tetap berpikiran positif. Salah satunya Jurgen Klinsmann. Legenda Jerman ini malah menilai Inggris menjadi salah satu tim yang sedang berada di "jalur alami" menjuarai Piala Dunia.

Dalam tulisannya di buletin harian BBC Sport World Cup melansir bbc.com, Klinsmann menulis demikian.

"Bagi saya, Inggris menjalani perkembangan yang sangat alami. Semifinal di Rusia, final Euro yang seharusnya mereka menangkan, sekarang jalur alami bagi Inggris adalah memenangkan Piala Dunia."

"Saya bersemangat untuk Inggris, saya percaya pada kualitas mereka. Mereka telah membuktikannya. Seharusnya menjadi dorongan dan rasa lapar mereka sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan."

Apa yang dikatakan Klinsmann itu mulai menunjukkan kebenaran. Penampilan saat menghadapi Iran adalah panggung pertunjukkan dominasi Inggris versus tim defensif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun