Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Tekuk Curacao di FIFA Matchday dan 4 Bukti Shin Tae-yong Dongkrak Level Timnas Indonesia

24 September 2022   23:36 Diperbarui: 25 September 2022   08:45 1784 16 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Selebrasi para pemain Indonesia usai Dimas Drajad membobol gawang Curacao di FIFA Matchday: KOMPAS.com/ADIL NURSALAM

Curacao mungkin sempat menjadi nama asing bagi sebagian besar penduduk Indonesia sebelum meladeni skuad Garuda di FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022) malam WIB.

Negara pulau di Laut Karibia dengan wilayah tak lebih luas dari DKI Jakarta dan jumlah penduduknya tak lebih banyak dari salah salah satu kecamatan di ibu kota negara itu.

Negara koloni Belanda yang juga menjadi bagian dari Amerika Selatan itu berpenduduk 149,8 ribu jiwa yang mendiami wilayah seluas 444 km.

Walau demikian, prestasi sepak bola mereka tak bisa diremehkan. Negara beribukota Willemstad itu memiliki ranking dunia yang jauh lebih tinggi dari Indonesia. Beberapa pemain mereka pun sudah melanglang buana hingga ke salah satu pusat sepak bola dunia yakni Inggris.

Apakah dengan demikian Indonesia benar-benar terlihat inferior di lapangan pertandingan? Ternyata tidak.

Shin Tae-yong  (STY) membuktikan kepada dunia bahwa negara seluas 5 juta km persegi dan berpenghuni tak kurang dari 273 juta jiwa sesungguhnya memiliki tim nasional yang patut diperhitungkan.

Pelatih asal Korea Selatan itu berhasil meramu 23 pemain terbaik menjadi sebuah tim yang padu, solid, dan menampilkan permainan atraktif.

Tak kalah penting, perpaduan pemain muda dan senior, pemain lokal dan naturalisasi, bisa mengimbangi, bahkan membuat lawan dengan ranking FIFA jauh lebih tinggi harus angkat topi.

Ya, timnas Merah-Putih sukses memetik kemenangan 3-2 setelah melewati pertarungan yang tidak mudah dengan drama empat gol mewarnai paruh pertama.

Naik level

Pertama, STY menurunkan formasi 3-4-3. Nadeo Argawinata berada di bawah mistar gawang, disokong oleh sang kapten Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott, dan Pratama Arhan di barisan belakang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan