Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Akhir 5 Tahun Kejayaan Kevin/Marcus, Hoki/Kobayashi ke Puncak Dunia, dan Hikmah bagi Indonesia

23 September 2022   14:35 Diperbarui: 26 September 2022   22:39 161 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo: dok PBSI via Kompas.com

"Setiap orang memiliki era terbaiknya. Kami selalu berusaha menjadi yang terbaik di setiap pertandingan. Kami akan terus berjuang bersama." (Marcus Gideon)

Bila kita membuka daftar ranking BWF terbaru, tidak banyak perubahan terjadi. Salah satu yang agak mencuri perhatian di sektor ganda putra dengan berubahnya konstelasi di puncak ranking dunia.

Ya, para penggemar badminton Tanah Air harus rela nama Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo terdepak dari urutan teratas. Pasangan yang selama ini menjadi kebanggaan badminton Indonesia yang memuncaki ranking dunia.

Pasangan yang karib disapa The Minions itu turun satu anak tangga setelah lima tahun berkuasa di singgasana peringkat BWF. Sebagai gantinya, pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, naik takhta.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) membekukan poin pekan ke-40 hingga 43 tahun 2019. Sementara, The Minions tidak banyak mengumpulkan poin dalam setahun terakhir.

Sebelum cukup banyak poin itu kedaluwarsa, The Minions masih berhak menempati posisi teratas dengan 104.727 poin. Namun, jumlah tersebut terpaut sangat tipis dari Hoki/Kobayashi dengan 102.050.

Setelah penyesuaian, jumlah poin The Minions berkurang.  Kini pasangan ganda nomor satu Indonesia itu mengemas 100.327 poin. Sedangkan, raihan poin Hoki/Kobayashi tak berubah untuk menempatkan mereka di urutan pertama.

Minions dan Hugo/Kobayashi di podium Indonesia Masters 2021: BWV TV via grid.id
Minions dan Hugo/Kobayashi di podium Indonesia Masters 2021: BWV TV via grid.id

Menurun

The Minions mulai menguasai puncak ranking dunia secara maraton sejak 28 September 2017. Posisi itu diraih setelah melewati persaingan ketat dan sempat mengalami pasang surut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan