Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Era Baru Ballon d'Or: Tanpa Messi, Benzema Favorit, dan 5 Pemain Ini Bisa Buat Kejutan

18 Agustus 2022   05:58 Diperbarui: 19 Agustus 2022   03:02 806 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Karim Benzema angkat trofi Liga Champions 2021/2022 bersama Real Madrid, kalahkan Liverpool 1-0, Minggu (29/5/2022): AFP/PAUL ELLIS via Kompas.com

France Football, majalan olahraga terpopuler di Eropa sudah merilis daftar panjang calon perain Ballon d'Or 2022 pada pertengahan bulan Agustus ini.

Sebagai penggagas penghargaan tahunan bagi pesepakbola terbaik di dunia, media tersebut mengeluarkan 30 nama yang kemudian akan mengerucut menjadi tiga finalis.

Malam penghargaan edisi ke-66 tahun ini dipercepat. Digelar pada 17 Oktober nanti, sebelum Piala Dunia 2022.

Tidak hanya itu. Format penilaian pun berubah. Biasanya, para penilai yakni para jurnalis internasional akan melihat penampilan para pemain sepanjang tahun kalender. Namun, mulai tahun ini penilaian itu hanya didasarkan pada performa musim sebelumnya.

Jurinya pun makin sedikit.  Biasanya 170 wartawan dari seluruh dunia, mulai tahun ini meramping menjadi 100 orang.

Tidak hanya berubah dalam format. Tahun ini sepertinya akan menjadi titik mula dari era baru Ballon d'Or tanpa salah satu dari Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Messi, yang karib disapa La Pulga atau Si Kutu itu tak masuk dalam daftar. Begitu juga tandemnya, Neymar Junior. Messi bersama Ronaldo tak pernah absen dalam lebih dari satu dekade terakhir.

Selain menjadi nominator, keduanya bahkan selalu bersaing menjadi pemenang terutama sejak Fabio Cannavaro mengalahkan Guanluigi Buffon dan Thiery Henry pada edisi 2006.

Sejak 2007, keduanya begitu dominan.  Mereka seperti silih berganti menjadi pemenang. Messi tujuh kali menjadi pemenang dan Ronaldo memenanginya lima kali.

Messi 7 kali raih Ballon d'Or: www.malay.news
Messi 7 kali raih Ballon d'Or: www.malay.news

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan