Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Terima Kasih Para Atlet Difabel! Statistik Mencengangkan Bawa Merah-Putih Terbang Tinggi di ASEAN Para Games 2022

7 Agustus 2022   19:13 Diperbarui: 8 Agustus 2022   01:00 1070 14 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Atlet para angkat berat Indonesia, Sriyanti berhasil mencetak rekor angkatan 127 kg di ASEAN Para Games 2022: KOMPAS.com/Mochamad Sadheli

Terima kasih adalah ungkapan paling sederhana dan gampang dilayangkan seluruh rakyat Indonesia menyusul berakhirnya ASEAN Para Games 2022.

Kota Surakarta kembali sukses menjadi tuan rumah setelah sebelumnya pada 2011. Kota di Jawa Tengah ini berhasil menjadi rumah yang nyaman bagi 1.248 atlet dan 659 ofisial serta ribuan pengunjung dari 11 negara ASEAN.

Semarak pesta olahraga yang kali ini bertajuk "Striving for Equality" tetap terasa di tengah terpaan pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya mereda dengan dampak di berbagai sektor yang masih juga terasa.

Surakarta dalam seminggu terakhir sejak 30 Juli lalu benar-benar menjadi panggung pertunjukan bagi para atlet difabel agar bisa unjuk gigi, seperti para atlet normal lainnya.

Mereka bisa menunjukkan kemampuan terbaik, bersaing secara sportif di 14 cabang olahraga untuk memperebutkan total 1260 medali dari 457 nomor pertandingan. Berkat kaum disabilitas, Kota Surakarta kian bergeliat dan niscaya kian dikenal dunia.

Selain sukses sebagai tuan rumah, lebih membanggakan lagi, melampaui edisi keenam, 11 tahun lalu, Indonesia pun tampil sebagai juara umum.

Presiden Joko Widodo menutup ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo: YouTube.com/Sekretariat Presiden via Kompas.com
Presiden Joko Widodo menutup ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo: YouTube.com/Sekretariat Presiden via Kompas.com

Para atlet kita sudah berjuang maksimal hingga membuat nama Indonesia harum semerbak.

Mereka berhasil menjaga nama baik tuan rumah dengan menjadi pengumpul medali terbanyak pada edisi ke-11 ini. Presiden Joko Widodo yang menutup event dua tahunan itu di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8/2022) malam WIB pun bisa tersenyum bangga. Tidak terkecuali kita.

Prestasi mereka adalah kebanggaan kita. Mereka mampu berprestasi dengan melampaui keterbatasan fisik. Bertarung dengan kontestan lain hingga mampu memenangi jumlah medali terbanyak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan