Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Kisah Sedih Goh Jin Wei dan Han Chengkai, Pensiun Muda padahal Calon Bintang

17 September 2021   09:52 Diperbarui: 17 September 2021   09:59 717 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pebulutangkis muda asal Malaysia, Goh Jin Wei: instagram/jinweigoh

Dalam beberapa waktu terakhir, dunia bulutangkis diwarnai sejumlah berita pengunduran diri. Sudah beberapa pemain yang menyatakan mundur, baik dari kariernya sebagai pebulutangkis, atau pamit dari tim nasional.

Hiroyuki Endo, Takeshi Kamura, dan Keigo Sonoda sudah menyatakan akhir dari kiprah mereka. Yang pertama akan selamanya gantung raket sebagai pemain profesional. Dua lainnya akan menjalani babak baru sebagai pemain independen.

Bila keputusan itu datang dari para pemain senior tentu bisa kita pahami. Endo, 34 tahun. Kamura dan Sonoda, 31 tahun. Mereka sudah cukup malang-melintang di dunia tepok bulu. Berbagai pencapaian telah mengisi lemari prestasi mereka.

Sulit membayangkan bila keputusan itu datang dari para pemain muda. Apalagi terjadi pada pemain yang sebenarnya sudah mencuri perhatian saat belia dan berpotensi menjadi pemain bintang di masa depan.

Namun, soal pensiun tidak selamanya bergantung pada usia. Ada banyak sebab yang membuat seorang atlet bisa mengambil keputusan mengejutkan. Seperti yang baru saja diambil Goh Jin Wei dan Han Chengkai.

Menyerah pada penyakit

Goh Jin Wei, berusia 21 tahun, tetapi sudah mencenangkan dunia. Sejak level junior namanya hampir selalu disebut di tengah perkembangan bulutangkis Malaysia.

Ia menjadi pemain tunggal putri Negeri Jiran yang sangat menjanjikan. Dua kali menjadi juara dunia junior, masing-masing pada 2015 dan 2018, sampai mencapai posisi 24 dunia.

Pada Senin, 13 September 2021 pagi waktu Malaysia, wanita yang berulangtahun saban 30 Januari itu menyatakan mundur dari dunia yang telah membesarkannya.

Goh Jin Wei jadi juara dunia junior 2018: bwfbadminton.com
Goh Jin Wei jadi juara dunia junior 2018: bwfbadminton.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bulutangkis Selengkapnya
Lihat Bulutangkis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan