Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Segrup dengan Denmark dan Berharap Tuah Mainaky Akhiri Puasa 32 Tahun Indonesia di Piala Sudirman

26 Agustus 2021   07:39 Diperbarui: 26 Agustus 2021   10:32 183 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Segrup dengan Denmark dan Berharap Tuah Mainaky Akhiri Puasa 32 Tahun Indonesia di Piala Sudirman
Trofi Piala Sudirman: djarumbadminton via Kompas.com

 

Setelah menggelar undian Piala Thomas dan Piala Uber 2020 beberapa waktu lalu, Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) pun melakukan hal yang sama untuk Piala Sudirman 2021.

Bertempat di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (25/8/2021), BWF membagi ke-16 kontestan dalam empat grup berbeda dengan sama banyak. Selanjutnya tim-tim itu akan bertarung di Vantaa, Finlandia, 26 September-3 Oktober 2021 nanti.

Indonesia, unggulan 3/4, berada di pot undian 1 bersama Tiongkok, Jepang, dan Taiwan. 

Status unggulan ditentukan berdasarkan jumlah poin tertinggi di lima sektor (tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran). Lima sektor itu pula yang akan dipertandingkan di Piala Sudirman.

Sebelum diundi sudah dipastikan keempat unggulan teratas itu tidak akan berada di grup yang sama. Artinya, Indonesia tak akan beradu dengan Taiwan yang ditakdirkan bertemu di fase grup Piala Thomas 2020 nanti.

Terhindar dari ketiga unggulan itu, Indonesia yang berada di Grup C, tak bisa mengelak saat dipertemukan dengan tim kuat lainnya, Denmark. Beruntung, dua slot lainnya diisi oleh tim kejutan, ROC (Komite Olimpiade Rusia) dan Kanada.

Hasil undian Piala Sudirman 2021: bwfbadminton.com
Hasil undian Piala Sudirman 2021: bwfbadminton.com

Sebagai unggulan pertama, Tiongkok berada di grup A bersama Thailand, India, dan tuan rumah Finlandia. Tiongkok merupakan negara yang paling sukses di kejuaraan beregu campuran itu. Mereka tengah mengincar gelar ke-12.

Taiwan yang mengalami perkembangan pesat belakangan ini akan menghadapi Korea Selatan, Tahiti, dan Jerman. Korea, negara tersukses kedua di ajang ini dengan empat kali juara, akan menjadi lawan berat bagi Taiwan yang dihuni sejumlah pemain top seperti Tai Tzu Ying dan ganda putra peraih emas Olimpiade Tokyo, Lee Wang/Wang Chi Lin.

Sementara itu Jepang, Malaysia, Inggris, dan Yunani di Grup D. Jepang, runner-up 2019, mengincar gelar pertama Piala Sudirman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bulutangkis Selengkapnya
Lihat Bulutangkis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan