Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Suka membaca, menulis, berolahraga, berjejaring dan berbagi kebaikan.

Untuk sesuatu yang tidak dapat dikatakan, aku harus mengatakannya!!

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Asa Turki di Ayunan Raket Neslihan Yigit

22 Januari 2021   15:50 Diperbarui: 22 Januari 2021   16:13 201 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asa Turki di Ayunan Raket Neslihan Yigit
Neslihan Yigit:bwfbadminton.com

 

Patut diakui bulu tangkis bukan olahraga populer di Turki. Pamor cabang olahraga tepok bulu ini kalah dari sepak bola, basket, atau voli. Sejak dahulu kala penduduk negara di kawasan Eurasia ini lebih mengenal gulat minyak, ketimbang cabang olahraga tradisional lainnya.

Begitu juga, bila disuruh memilih, hampir pasti kebanyak orang Turki lebih memilih menonton Fenerbahce, Galatasaray atau Besiktas saat berkompetisi di sepak bola Eropa. Demikian juga, mereka akan lebih senang menantikan dan menyaksikan tim voli dan basket nasional bertanding.

Ya, selain sepak bola, Turki dikenal memiliki tim basket dan voli yang kuat. Levelnya sudah mendunia. Hal ini tentu berbeda nasib dengan bulu tangkis.

Meski begitu, bulu tangkis bukan olahraga yang tabu di negara transkontinental itu. Dalam diamnya, Neslihan Yigit, coba menunjukkan bahwa ada bakat bulu tangkis yang baik datang dari Turki. Prosesnya tentu tidak mudah, tantangan dan kesulitan tentu jauh lebih besar ketimbang ia ditakdirkan lahir di Asia atau India.

Neslihan sudah jatuh hati pada badminton sejak belia. Baginya, ini salah satu cabang olahraga yang menarik dan menantang.

"Saat saya berusia 9 tahun, pelatih saya memilih saya dari kelas saya. Bulu tangkis adalah olahraga yang sangat bagus dan saya bisa merasakan adrenalin saat bermain," ungkap wanita kelahiran 26 Februari 1994 seperti dinukil dari situs BWF.

Rupanya ketertarikan itu berpelukan dengan talenta dan kerja keras. Kombinasi yang pas mengantar wanita berambut kriwil ini ke jenjang profesional. Ia pun memulai karier di level profesional sejak berusia 10 tahun. Ia tampil di turnamen nasional U-13 yang digelar di Kota Konya.

"Latihan 6 hari per minggu. Senin sampai Jumat, (selama) 3 jam. Sabtu, (selama) 5 jam," ungkapnya menyebut porsi latihan yang harus ditandaskan.

Neslihan Yigit saat bermain di nomor ganda putri:bwfbadminton.com
Neslihan Yigit saat bermain di nomor ganda putri:bwfbadminton.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN