Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Suka membaca, menulis, berolahraga, berjejaring dan berbagi kebaikan.

Untuk sesuatu yang tidak dapat dikatakan, aku harus mengatakannya!!

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Artikel Utama

Kunlavut "View" Vitidsarn, Rising Star yang Siap Meledak

14 Januari 2021   19:59 Diperbarui: 15 Januari 2021   21:43 426 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kunlavut "View" Vitidsarn, Rising Star yang Siap Meledak
Kunlavut Vitidsarn/https://bwfworldtour.bwfbadminton.com/

"Kunlavut adalah pemain muda yang sangat bagus, penempatan bolanya cukup menyulitkan. Ke depan saya yakin dia bisa jadi pemain hebat."

Demikian sanjungan Anthony Sinisuka Ginting tak lama setelah menumbangkan Kunlavut Vitidsarn di Impact Arena, Bangkok, Kamis, (14/1/2020) petang WIB. Kemenangan dua game, 21-16,21-19 atas pemain tuan rumah itu mengantar Ginting ke babak perempatfinal Yonex Thailand Open 2021.

Durasi 42 menit pertandingan menjadi saat-saat yang menegangkan bagi Ginting. Pemain 19 tahun itu mampu memberikan perlawanan. Seperti Ginting katakan, pemain kelahiran Bangkok itu memiliki potensi. Penempatan bola, kekuatan pukulan, pergerakan, dan tentu saja, mental.

"Untuk seusianya, dia punya kualitas. Saya baru menghadapinya hari ini untuk pertam akali dan saya bisa merasakan betapa baiknya dia." Ginting berbicara kepada situs BWF usai laga. Ginting akui dia beruntung memiliki pengalaman lebih sehingga bisa mengatasi tekanan pemain itu terutama di game kedua.

Ginting menghadapi Kunlavut di putaran kedua Thailand Open 2021/tangakapan layar Youtube
Ginting menghadapi Kunlavut di putaran kedua Thailand Open 2021/tangakapan layar Youtube

Bagi pemain yang karib disapa View, bertemu Ginting tak ubahnya momen berharga. Secara usia keduanya terpaut enam tahun. Demikian juga dari segi pengalaman. Berada di rangking enam dunia jelas sebuah tanda. Ginting adalah tunggal putra papan atas dunia.

Transisi cepat

Kunlavut adalah pemain muda yang bersinar saat ini. Ini patut diakui. Remaja yang 11 Mei tahun ini berusia 20 tahun sudah membuktikannya di level junior. Ia adalah pemilik tiga gelar Juara Dunia Junior. Tidak banyak pemain junior yang mampu sedemikian bersinar. Bisa dihitung dengan jari. 

Ketiga gelar itu diraih secara beruntun. Hattrick itu ditorehkan pada edisi 2017 hingga 2019. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Juara Asia Junior 2019. Triple juara dunia junior membuatnya sukses menyamai pencapaian seniornya di timnas Thailand, Ratchanok Intanon. Intanon tiga kali jadi juara dunia tunggal putri masing-masing di 2009, 2010, dan 2011. Bukti regenerasi bulutangkis Negeri Gajah Putih berjalan baik. Kurang dari satu dekade sudah memunculkan juara dunia baru.

Kunlavut (kiri) raih gelar Juara Dunia Junior 2017 di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Minggu (22/10/2017). (Liputan6.com/Switzy Sabandar)
Kunlavut (kiri) raih gelar Juara Dunia Junior 2017 di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Minggu (22/10/2017). (Liputan6.com/Switzy Sabandar)
Pencapaian yang fenomenal itu tidak membuatnya berpuas diri. Ia pun terus mengasah kemampuannya. Melalangbuana di berbagai kompetisi, mulai dari level International Challenge. Iran Fajr IC, Polis Open, dan beberapa turnamen selevel lainnya ia sambangi. Ia menuntaskan beberapa turnamen level junior di tahun 2019 untuk selanjutnya naik ke jenjang senior.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN