Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Suka membaca, menulis, berolahraga, berjejaring dan berbagi kebaikan.

Untuk sesuatu yang tidak dapat dikatakan, aku harus mengatakannya!!

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

"Energy of Asia Pulp & Paper", dari Sinar Mas untuk Asian Games 2018

21 Agustus 2018   15:09 Diperbarui: 21 Agustus 2018   15:39 361 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Energy of Asia Pulp & Paper", dari Sinar Mas untuk Asian Games 2018
Keseruan menyambut Asian Games di Sinar Mas Land Plaza, Jakarta, 15 Agustus 2018/foto dokpri

Kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata. Masyarakat pun dituntut untuk terlibat dengan cara tersendiri agar jalannya roda penyelenggaraan ajang multievent terbesar tingkat Asia itu berlangsung sukses. Begitu juga kontribusi dari perusahaan atau lembaga swasta amat diperlukan.

 Sebagai tuan rumah, kedatangan kurang lebih 15 ribu atlet dari 45 negara peserta patut disambut maksimal. Selain persiapan infrastruktur baik sarana dan prasarana olahraga, fasilitas pendukung perlu disiapkan secara baik. Menyerahkan seluruh tanggung jawab tersebut kepada satu dua pihak saja tentu tidak cukup. Dibutuhkan juga sinergi dan kerja sama antar komponen

Disadari atau tidak, Sinar Mas menjadi salah satu perusahaan swasta yang berada di garda depan mendukung terselanggaranya Asian Games 2018.

Melalui Asia Pulp and Paper (APP), Sinar Mas ikut aktif bersama pemerintah Indonesia. Banyak hal yang dilakukan Sinar Mas baik yang bersifat resmi secara institusional maupun terkait orang per orang dari perusahaan yang memiliki karyawan hingga 380 ribu orang itu.

Secara resmi, sebagaimana dikatakan Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin, Asia Pulp and Paper Sinar Mas menjadi salah satu official partner Asian Games. Meski menjadi sponsor resmi, Sinar Mas tetap mengorganisir lintas pilar untuk ikut mendukung perhelatan akbar ini.

Hal yang disebutkan terakhir itu menyata saat saya terlibat dalam Kompasiana On Loc bersama APP Sinar Mas. Acara pada 15 Agustus 2018 lalu mengambil tempat di Sinar Mas Land Plaza, Jakarta. Acara separuh hari itu melibatkan ratusan karyawan Sinar Mas yang berkantor di bilangan Jakarta Pusat itu.

Kompak mengenakan seragam merah dengan logo dan tulisan Asian Games dan Sinar Mas, para karyawan terlibat dalam berbagai kegiatan kreatif. Tujuannya tentu saja untuk meyemarakan Asian Games. Sejumlah aktivitas yang dilakukan di antaranya tarian masal dan kumandang dukungan terhadap pesta olahraga antarbangsa Asia tersebut.

Selain itu, segenap keluarga besar Sinar Mas ambil bagian dalam penandatanganan petisi Sejuta Dukungan. Tujuannya, sebagaimana dikatakan Saleh Husin, "Supaya Asian Games tak saja menjadi ajang adu prestasi ribuan atlet dari penjuru Asia, tetapi juga momen bagi kita, bangsa Indonesia untuk menyalurkan energi positif, semangat kebersamaan berikut kebahagiaan, sebelum, selama hingga jauh setelah Asian Games berlangsung."

Kegiatan hari itu merupakan bagian kecil dari kampanye "Untukmu Indonesia". Kampanye tersebut sudah dimulai sejak awal Juli lalu berisikan kompetisi berbasis sosial media di antaranya lomba blog, video dan foto bagi masyarakat umum.

Ragam dukungan nyata

Seperti disebutkan sebelumnya, Sinar Mas memberikan banyak kontribusi bagi olahraga Indonesia umumnya dan kesuksesan Asian Games khususnya. Sebagai partner resmi, Sinar Mas memberikan dana segar senilai 4 juta USD. Hal ini sebagaimana disampaikan Suhendra selaku direktur APP Sinar Mas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN