Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Rio Haryanto Berburu Fulus agar Mulus ke F1 2017

6 Oktober 2016   12:32 Diperbarui: 6 Oktober 2016   16:58 1974 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rio Haryanto/Kompas.com

Sudah sejak 10 Agustus lalu Rio Haryanto terdepak dari posisi pebalap utama tim F1 Manor Racing. Pebalap Prancis Esteban Ocon mengambil tempat Rio untuk melewatkan sisa musim ini. Dan sudah lima seri pula, sejak pebalap 23 tahun mencapai kata sepakat, turun kelas menjadi 'reserve driver' atau pebalap cadangan bersama Alex Rossi dari Amerika Serikat. Seperti kita ketahui tunggakan 7 juta euro dari total 15 juta euro yang tak terpenuhi membuat Rio hanya bisa melaju di ajang jet darat itu selama 12 seri saja.

Kini musim 2016 tersisa lima seri lagi. Setelah pekan ini,7- 9 Oktober, di Sirkuit Suzuka, Jepang, selanjutnya berturut-turut di Circuit of the Americas (AS/23 Oktober), Sirkuit Mexico City (Meksiko/30 Oktober), Sirkuit Interlagos (Brasil/13 November) dan terakhir di Sirkuit Yas Marina (Abu Dhabi) pada 27 November nanti.

Setiap tim sudah mulai bersiap untuk menyambut musim baru. Salah satunya adalah menyiapkan amunisi pebalap mereka. Sejauh ini, dari 11 tim yang dipastikan akan tetap berpartisipasi musim depan setelah Sauber ditolong pemilik baru, sudah lima (enam?) tim yang memastikan  komposisi pebalap.

Tiga tim papan atas, Mercedes, Ferrari dan Red Bull masih mempertahankan komposisi yang ada. Mercedes tetap mengandalkan dua jagoannya yang tengah berburu mahkota gelar musim ini, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Tim 'Kuda Jingkrak' Ferrari belum berpaling dari Sebastian Vettel dan Kimi Raikonen. Sementara Daniel Ricciardo dan Max Verstapen yang tengah naik daun semakin mendapat tempat di tim Red Bull.

McLaren baru saja melakukan bongkar pasang dan telah mendapatkan formasi pasti. Jeson Button yang akan mundur dari F1 musim depan akan digantikan oleh Stoffel Vandoorne. Pebalap muda Belgia berusia 24 tahun itu akan bertandem dengan Fernando Alonso.

Nico Hulkenberg dipastikan tetap bersama Force India dan akan tetap berpasangan dengan Sergio Perez. Pebalap kelahiran Meksiko itu sempat diisukan akan hijrah ke Renault. Namun kedua pihak telah bersepakat untuk menjalin kerja sama yang membuat pebalap 26 tahun itu akan menjalani musim keempat secara beruntun bersama tim yang berbasis di Inggris itu.

Beberapa tim baru memastikan satu pebalap dan tengah mencari tandemnya. Ada pula yang masih memasukan nama-nama pebalap dalam daftar calon. Tim Toro Rosso-Renault baru mengunci satu pebalap yakni Carlos Sainz, sedangkan Daniil Kvyat yang sebelumnya bertukar tempat dengan Verstappen masih menanti informasi dari para sponsor.

Tim Williams masih mencari pengganti Filipe Massa yang musim depan mundur dari F1. Ada beberapa nama yang masuk dalam bursa calon seperti Valtteri Bottas, Felipe Nasr, Alex Lynn, Lance Stroll dan mantan tandem Rio Haryanto, Pascal Wehrlein.

Tim Haas baru akan mencapai kesepakatan dengan Romain Grosjean, pebalap yang setahun terakhir bersama tim asal Amerika Serikat itu. Sementara pendamping pebalap Amerika Serikat itu mencuat nama Esteban Gutierrez dan Felipe Nasr.

Posisi Kevin Magnussen dan Jolyon Palmer di kursi utama tim Renault pun belum nyaman dan beberapa nama lain pun siap bersaing seperti Felipe Nasr, Valtteri Bottas, Esteban Ocon, Sergey Sirotkin dan Jolyon Palmer.

Posisi yang sama berlaku pula pada tim Manor Racing. Pascal belum dipastikan tempatnya di tim asal Inggris itu, demikian juga Ocon.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan