Mohon tunggu...
Charles Durand
Charles Durand Mohon Tunggu... Mahasiswa - penulis tugas

mampir untuk menulis tugas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Melihat Peran Media Sosial dalam Jurnalisme Online

10 Oktober 2021   22:16 Diperbarui: 10 Oktober 2021   22:27 55 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jurnalisme Online. Sumber: katalisnet.com

Jurnalisme online masa kini sangat erat kaitannya dengan penggunaan media sosial sebagai salah satu media berita dan informasi.

Media Sosial dan Jurnalisme Online

Dalam era digital, aktivitas jurnalisme telah bertransformasi menjadi jurnalisme online serta berkolaborasi dengan media digital yang salah satu bentuknya adalah media sosial.

Media sosial sebagai salah satu hasil produk perkembangan teknologi memiliki manfaat yang besar sebagai media penyebaran informasi.

Hal tersebut selaras dengan fungsi jurnalisme yang juga beperan dalam proses penyebaran berita, mulai dari tahap produksi hingga distrubusi berita dan informasi.

Rani Dwi Lestari melansir hasil riset We Are Social Hootsuite yang dirilis pada bulan Januari 2019, yang menunjukkan bahwa jumlah pengguna media sosial di Indonesia telah mencapai 150 juta orang atau sekitar 56 persen dari keseluruahn populasi masyarakat Indonesia.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan hampir sebesar 20 persen dari penelitian sebelumnya dan diprediksi akan terus mengalami peningkatan hingga lebih dari 30 persen pada tahun 2022.

Media Sosial. Sumber: news.unair.ac.id
Media Sosial. Sumber: news.unair.ac.id

Peran Media Sosial

Media sosial hadir sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap asupan media dan akses berbagai jenis konten di dalamnya mulai dari informasi, hiburan, hingga pengetahuan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan