Mohon tunggu...
Charles Durand
Charles Durand Mohon Tunggu... penulis tugas

mampir untuk menulis tugas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

1cak.com, Representasi Humor Orang Indonesia

8 Maret 2021   23:01 Diperbarui: 8 Maret 2021   23:01 131 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
1cak.com, Representasi Humor Orang Indonesia
1cak.com

Hiburan Adalah Kebutuhan

Hiburan merupakan aspek krusial yang telah melekat sejak lama dalam sejarah panjang kehidupan manusia. Mulai dari atraksi badut Abad Pertengahan hingga puisi ballad di teater opera Eropa, manusia terus berusaha memenuhi hasrat akan hiburan dengan berlomba-lomba melahirkan inovasi baru dan menciptakan berbagai produk kreatif dalam dunia hiburan. Perkembangan teknologi dan internet yang begitu masif juga turut berperan penting dalam transisi konten hiburan ke arah digitalisasi yang mengedepankan nilai praktis serta dibungkus sedemikian rupa sehingga dapat dinikmati oleh khalayak ramai tanpa ada batasan apapun.

Sejarah Singkat 1CAK.COM

Jika di barat berdiri beberapa situs hiburan yang telah dikenal lebih dulu seperti 9GAG dan reddit, maka di Indonesia di mana masyarakatnya dikenal sebagai pribadi yang senang bercanda terdapat 1CAK yang menjadi pionir media hiburan digital, yang nantinya akan berkembang menjadi salah satu situs hiburan terbesar di Indonesia. Pertama kali diprakarsai oleh Aji Ramadhan pada 17 Februari 2012, awalnya 1CAK berisikan berbagai gambar lucu yang diunggah oleh para pengguna situs-- dikenal sebagai "wancaker" dan "wancakerwati" bagi yang perempuan. Seiring waktu konten-konten di dalam situs mulai berkembang menjadi semakin kreatif, mulai dari konten yang sifatnya orisinil dalam bentuk hasil coretan tangan hingga komik-komik  digital bertema komedi yang selalu mengundang gelak tawa. Tidak terbatas sampai di situ, situs 1CAK juga terus berkembang menjadi sebuah wadah informasi dan berita penting bagi para penggunanya serta sarana berbagi pengalaman yang inspiratif dalam sebuah komunitas yang besar dan harmonis di Indonesia.

Meme dan 1CAK

Meme (baca : mim) berasal dari bahasa Yunani, "mimesis", yang memiliki makna replika Meme merupakan sebuah sebutan yang digunakkan oleh Richard Dawkins, seorang ahli biologi asal Inggris, untuk menjelaskan evolusi kultural yang disalurkan kepada manusia dalam unit-unit budaya untuk kemudian direplika dalam pola yang berulang-ulang. Situs hiburan seperti 9GAG dan reddit telah memperkenalkan produk internet ini sebagai konten yang bernuansa komedi dan ditujukkan semata-mata untuk lelucon. Akan tetapi dalam prosesnya, meme telah berkembang jauh menjadi sebuah media komunikasi yang dimanfaatkan untuk mengekspresikan diri serta menyuarakan aspirasi masyarakat di internet.

1CAK juga terinspirasi oleh oleh situs luar tersebut akan tetapi para pengguna situs menggunakan meme lokal ciptaan sendiri yang terinspirasi dari berbagai sumber, misalnya  meme Maddog dari film "Raid" produksi tahun 2013 yang diperankan oleh aktor Yayan Ruhian, kemudian ada juga meme  dengan template orisinil karya "algani1998" yang merupakan salah satu pengguna situs 1CAK. Karya meme berjudul "Otong dan Pakpol" ini menjadi sangat terkenal di internet, di mana meme tersebut menceritakan seorang pria bernama Otong yang selalu berusaha menghindar dari seorang polisi yang kerap disapa "Pakpol" agar tidak ditilang. Template meme seperti menjadi sebuah satire bagi oknum-oknum kepolisian yang sebagai pihak yang berwajib tidak menjalankan perannya untuk mengayomi masyarakat hingga menjadi sebuah gurauan seakan-akan publik merasa takut hingga lari dari polisi.

Konten-konten seperti inilah yang menunjukkan selera humor masyarakat Indonesia yang menyukai candaan ringan ala tongkrongan hingga sarkasme terhadap pihak pemerintah beserta jajarannya yang kerap kali tidak peka terhadap isu-isu politik dan selalu tidak tanggap ketika dihadapkan pada masalah sosial yang perlu diselesaikan sehingga oleh masyarakat dijadikan sebuah bahan humor yang membawa tawa bagi mereka.

DAFTAR PUSTAKA

Dawkins, R. (1967). The selfish gene. New York: Oxford University Press. 

Ilham, M. (2017). Representasi Budaya Populer Meme Comic Indonesia (Analisis Semiotika Meme Dalam Fanpage Meme Comic Indonesia). Diakses dari http://digilib.unhas.ac.id/opac/detail-opac?id=33161 (8 Maret 2021)

VIDEO PILIHAN